Kasus DBD Di Klaten Melonjak, 170 Kejadian 6 Orang Meninggal

Foto ilustrasi nyamuk Aedes aegypti. Dok Istemewa.

KBRN, Klaten: Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Klaten melonjak akhir-akhir ini. Data dari Dinas Kesehatan setempat menyebutkan, enam orang meninggal dunia akibat gigitan nyamuk aedes aegypti tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten Cahyono Widodo membenarkan adanya kasus tersebut. Tindak lanjut yang segera dilakukan dengan melakukan penyelidikan epidimologi untuk mengetahui asal-usul digigit nyamuk dan persebaran kasus untuk menentukan langkah yang diambil.

"Hingga minggu ke 20 jumlah meninggal akibat DBD di Klaten sebanyak enam orang. Kita melakukan epidemiologi untuk mengetahui asal-usul gigitan nyamuk dan persebaran kasus," ungkap Cahyono Widodo, Sabtu (30/5/2020).

Sedangkan Kasi Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Klaten Wahyining Nugraheni mengatakan, sampai dengan minggu ke 20  jumlah yang meninggal sebanyak 6 orang. Kasus terakhir yang meninggal di Kecamatan Ngawen dan Kecamatan Kalikotes dengan umur tiga tahun dan sepuluh tahun.

"Sebelumnya yang sudah saya sampaikan empat orang. Dua kasus terakhir di Ngawen dan Kalikotes. Umurnya tiga tahun dan sepuluh tahun," kata Nuning ketika dikonfirmasi wartawan.

Nuning juga menyebutkan jumlah kasus DBD di Klaten hingga minggu 20 sebanyak 170  kasus. 

Langkah yang dilakukan dengan melakukan pelacakan kasus serta penyuluhan. Kendalanya tidak dapat memberikan penyuluhan secara massal karena adanya terkait dengan covid 19.

"Akibat adanya wabah covid 19, kami mengalami kendala untuk memberikan penyuluhan secara massal kepada masyarakat," tuturnya.

Namun demikian yang dapat dilakukan dengan melakukan penyuluhan melalui media sosial dan melalui WA grup. Mengingat PSN tidak mungkin dilakukan maka Ia juga berharap adanya upaya mandiri masyarakat untuk melalukan PSN tersebut di rumahnya masing-masing. Adam

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00