DWP UNS Gelar Donor Darah Rutin di RS UNS

DWP UNS Gelar Donor Darah Rutin di RS UNS.

KBRN, Surakarta: Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar donor darah rutin, Senin (15/8/2022). Bertempat di Rumah Sakit (RS) UNS, dari rilisnya, kegiatan rutin ini bekerja sama dengan Korps Sukarela (KSR) PMI UNS dan Palang Merah Indonesia (PMI). 

Pembukaan kegiatan donor darah dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan UNS, Budhi Widjajanti Jamal Wiwoho, Kepala Bidang Pelayanan Medis RS UNS, dr. Coana Sukmagautama, Sp. PD., M. Kes., Ketua DWP Unit Pelaksana RS UNS, Dwi Widiastuti, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya,  Budhi Widjajanti Jamal Wiwoho bersyukur dengan terselenggaranya donor darah ini. "Alhamdulillah sudah (terselenggara) 12 kali. Donor darah ini memang dilakukan rutin dan bergantian tiap fakultas. Pesertanya juga terus bertambah. Donor darah merupakan sebuah amal," tuturnya. 

Kepala Bidang Pelayanan Medis RS UNS, dr. Coana Sukmagautama, Sp. PD., M. Kes. dalam sambutannya tersebut mengatakan, dr. Coana berterima kasih kepada DWP UNS karena telah menggelar kegiatan donor darah rutin ini di RS UNS. Lebih lanjut, ia menyebut bahwa kegiatan donor darah merupakan kegiatan yang luar biasa, baik dari sisi kemanusiaan maupun sisi medis.

"Kegiatan kecil seperti ini bisa menyelamatkan 1 atau 2 pasien kita yang tidak pernah kita kenal. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih berkembang dan bermanfaat buat kita semua. Dari sisi medis juga sangat sehat buat para pendonor. Efeknya sangat baik untuk jantung, produksi sel darah, dan juga pendonor dapat melakukan screening gratis," Ujar Coana. 

Pendaftaran donor darah dilakukan online melalui tautan yang tertera dan juga secara on the spot. Adapun jumlah peserta yang telah mendaftar sebanyak 50 orang. (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar