Peringati Hari Anti Narkotika, Operator Bus di Tirtonadi Dites Narkoba Sampai Pasang Stiker di Armada

KBRN, Surakarta: Badan Nasional Narkotika Kota (BNNK) Solo, bersama Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Jateng-DI Yogyakarta melakukan ramp check untuk awak bis di Terminal Tirtonadi, Rabu (29/6/2022). 

Ramp check ini meliputi pemeriksaan kesehatan kepada sopir, kondektur termasuk kernet. Selain itu dilakukan tes narkoba kepada mereka. Hal ini sebagai upaya untuk menjamin keselamatan penumpang dan awak moda transportasi umum. 

"Deteksi dalam hal penyalahgunaan narkoba  ada sekitar 50 sopir dan pendampingnya. Ini untuk mengedukasi kepada pengguna dan operator transportasi darat antar kota antar propinsi," kata Kepala BNNK Solo Ari Kurniawansyah di sela kegiatan. 

Ari menyebutkan, angka penyalahgunaan narkoba di Indonesia ini cukup tinggi. Hasil survei BNN dan Lippi prevalensi pengguna narkoba tahun 2019-2021 cenderung meningkat dari 1,8 menjadi 1,9 persen, atau setara 3,7 juta jiwa yang terpapar. 

Langkah pencegahan penyalahgunaan narkoba terus dilakukan BNNK bersama seluruh stakeholder. Salah satunya dengan BPTD Wilayah X Jateng-DIY dan para pengusaha PO Bus. 

Menurut Ari Kurniawansyah tes narkoba ini untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba khusus awak angkutan umum. Apabila dari tes ini ditemukan awak bus yang terindikasi mengkonsumsi narkoba maka akan ada langkah-langkah tindak lanjut.

"Nanti setelah melalui rangkain tes ada deteksi dan apabila ada indikasi akan koordinasi dengan penyidik di kami dan di Kepolisian. Karena Narkoba ini punya dampak halusinogen, depresan dampak ini akan berpengaruh terhadap pengemudi dalam mengemudikan kendaraan. Mungkin rasa lelah dan katuk yang berpengaruh kepada keselamatan," jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Koordinator Terminal Tirtonadi Solo Joko Sutriyanto mengatakan, tes narkoba ini salah satu bentuk pemeriksaan kelaikan kepada operator angkutan darat. Selain itu untuk menjamin keselamatan setiap penumpang saat dalam perjalanan.

"Bahwa armada yang diberangkatkan dari Terminal Tirtonadi, masyarakat berkeyakinan naik dalam kondisi yang aman dan operatornya sehat dan yakin dalam perjalanan selamat. Kita ramp check kendaraan dan operatornya terindikasi pengguna narkoba atau tidak," jelas Joko Sutriyanto.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan dan narkoba kepada awak bus, BNNK dan BPTD wilayah X maupun Pengelola Terminal Tirtonadi menempelkan stiker tolak penyalahgunaan narkoba di kabin bus. Kegiatan ini dilaksankan dalam rangka memperingati hari anti narkotika sedunia yang jatuh 26 Juni lalu. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar