FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Cegah Persebaran PMK, PMI Semprot Pasar Hewan dan Kandang

KBRN, Klaten: Palang Merah Indonesia (PMI)  Klaten bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) melakukan penyemprotan desinfektan di pasar hewan. Seperti pasar hewan Plembon, Pedan, Cawas dan sejumlah kandang kelompok ternak di seputaran desa Wiro, Kecamatan Bayat.

Pantauan RRI, Rabu (1/6/2022) belasan personil dikerahkan untuk melakukan penyemprotan desinfektan. Masing-masing dari unsur Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, dan dari PMI. 

Wakil ketua Bidang Pencegahan PMI kabupaten Klaten Bambang Giyanto mengatakan selain penyemprotan, petugas juga melakukan sosialisasi PMK.

"Untuk penyemprotan sebelas personil dari PMI yang pertama menyemprot pasar hewan Plumbon, Pedan, pasar hewan Cawas," ungkap Bambang Giyanto.

Dikatakannya, kegiatan penyemprotan tersebut dilakukan untuk membantu pemerintah dalam pencegahan dan penularan penyakit PMK yang ada di Kabupaten Klaten. Setelah semua pasar hewan di Klaten tutup tanggal 25 Mei-7 Juni 2022.

Sedangkan Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Klaten Triyanto, mengatakan upaya pencegahan terhadap persebaran virus PMK terus dilakukan. Salah satunya melalui penyemprotan desinfektan yang dilakukan secara gabungan.

"Ya ini tujuannya untuk menekan perkembangan virus PMK,” katanya

Triyanto menyebutkan untuk kasus PMK di Klaten berdasarkan data yang ada, sudah tidak ada kasus positif PMK. Namun untuk suspect 14 ekor dan akumulatif menjadi 152. Adam Sutanto

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar