FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Enam Ekor Sapi Dari Klaten Positif PMK, 28 Masih Suspect

Petugas memeriksa sapi bersama dengan dokter hewan dari Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan.

KBRN, Klaten: Sejumlah enam ekor ternak sapi di Kabupaten Klaten dinyatakan positif terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Enam ekor sapi yang terpapar PMK itu berasal dari Desa Tegalmulyo Kemalang empat ekor, dan dua ekor di Tarubasan Karanganom.

"Yang terkonfirmasi untuk wilayah Kabupaten Klaten dua ekor di Tarubasan Karanganom dan empat ekor di Tegalmulyo. Alhamdulillah sudah ditangani atau diobati PMK saat ini perkembangannya membaik," ungkap Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Klaten Triyanto kepada RRI Minggu (15/5/2022).

Dikatakan berbagai langkah telah dilakukan untuk mengantisipasi PMK. Seperti melakukan koordinasi dengan dokter hewan yang menangani yakni hewan yang terpapar tersebut sudah membaik dan mau makan. 

Selain itu melakukan koordinasi dengan KTNA dan pemerintah desa Tegalmulyo. Salah satu yang akan dilakukan guna antisiapasi berupa akan mendirikan pos pantau hewan khususnya terkait PMK. 

"Untuk Tarubasan karena jauh dari ternak lainnya, Koordinasi sudah dilakukan. Kami berharap agar temuan kasus tersebut tidak bertambah," jelasnya.

Sementara perangkat desa Tegalmulyo Subur kepada RRI  membenarkan adanya temuan kasus PMK itu. Rencanaya akan ada pos pantau hewan di Desa Tegalmulyo. 

"Untuk informasi kemarin dari hasil pemeriksaan katanya dari beberapa ekor yang diperiksa ada empat ekor yang terindikasi penyakit kuku dan mulut. Dispertan tadi menghubungi saya akan menindaklanjuti hal tersebut dengan penbuatan posko kesehatan sapi di Tegalmulyo," kata Subur .

Dia mengatakan kemungkinan pelaksanaannya pada hari Selasa (17/5) mengingat hari Senin masih libur.  

Secara terpisah Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Klaten Widiyanti mengatakan data terakhir, kasus positif PMK 6 ekor, suspect 28 ekor dan sembuh dua. ( Adam Sutanto/MI)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar