Karanganyar Mulai Gencar Vaksinasi Booster

Pelaksanaan vaksinasi booster bagi lansia di karanganyar

KBRN, Karanganyar: Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar (DKK) mulai menerapkan vaksinasi booster sebagai upaya penambahan imunitas terhadap virus covid 19.

Pantauan RRI, dimulainya vaksinasi booster di Karanganyar ditandai dengan penyuntikan vaksin dosis 3 kepada Bupati Karanganyar Juliyatmono dan juga Wakil Bupati Karanganyar Rober Cristanto di vaksin center Karanganyar, Kamis (20/1/22).

Giat vaksinasi booster juga diikuti sejumlah pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan pemerintah Kabupaten Karanganyar, awak media dan masyarakat umum.

Kepala Dinas Kesehatan Karanganyar Purwati menjelaskan, tahap awal vaksinasi booster ini menyasar masyarakat umum dengan kategori lansia dan rentan.

"Vaksin booster kita launching hari ini, ada 200 dosis vaksin yang disediakan di hari pertama, sasarannya lansia," ungkapnya.

Ditambahkan Purwati, terdapat syarat yang harus dipenuhi peserta vaksinasi booster yakni, rentang waktu vaksinasi dosis kedua harus sudah mencapai 6 bulan.

"Yang ikut syaratnya harus sudah 6 bulan dari waktu terakhir vaksin ke 2, jenis vaksinnya ini Astrazeneca," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengungkapkan, vaksin booster ini merupakan bentuk ikhtiar pencegahan, agar virus covid 19 yang mestinya sudah berlalu tidak kembali menyebar, mengingat saat ini masih ada lagi muncul varian baru omikron.

"Alhamdulillah, hari ini kita laksanakan vaksinasi booster, ini ikhtiar pencegahan virus covid 19," katanya. 

Disisi lain, Bupati mengatakan, disamping pelaksanaan vaksinasi booster, pemkab Karanganyar terus menggenjot capaian vaksinasi primer dosis pertama agar mencapai 100 persen. 

"Dari laporan kepala dinas, vaksin dosis pertama sudah mencapai 97 persen, saya ingin mulai 19 januari sampai 28 februari vaksin dosis 1 yang masih tersisa tulung untuk ikut divaksin di beberapa pelayanan kesehatan," jelasnya.

Adapun berdasarkan data yang dihimpun dari DKK Karanganyar, secara keseluruhan capaian vaksin dosis pertama di Kabupaten Karanganyar telah mencapai 96,49 persen atau 707.670 orang dari total sasaran 733.359 orang. Sedangkan capaian vaksin dosis kedua telah mencapai 79,71 persen.

Kemudian vaksin anak usia 6-11 tahun dosis pertama telah mencapai 86,12 persen atau 70.474 orang dari total sasaran 81.828 orang. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar