FOKUS: #VAKSIN COVID

Vaksinasi Booster Sragen Tunggu Stok Vaksin Ready

Foto ilustrasi, Pemkab Sragen melakukan Pencanangan Vaksinasi Covid-19 di RSUD Soehadi Prijonegoro Sragen beberapa saat lalu. Dok RRI.

KBRN, Sragen: Vaksinasi dosis ketiga (booster) untuk warga Kabupaten Sragen akan dimulai Selasa (18/1/2022). Pemkab telah membuka pendaftaran vaksinasi booster bagi Lanjut Usia (Lansia).

Tetapi penyuntikan booster ini masih tetap memperhatikan ketersediaan vaksin. Lantaran vaksin yang digunakan untuk booster saat ini sedang kosong.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan, pencanangan direncanakan pada Selasa (18/1) besok. Karena melihat stok vaksin yang dimiliki di Sragen hanya Sinovac, padahal ketentuan booster harus berbeda dengan dosis pertama dan kedua.

"Pada Januari ini untuk booster menggunakan Pfizer dan AstraZeneca. Tapi vaksin kitaadanya Sinovac. Saya belum bisa jawab jadi besok atau tidak karena belum ada kabar dapat vaksin. Sesuai arahan harus AstraZeneca atau Pfizer," terangnya Minggu (16/1/2022).

Bupati menjelaskan, Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen terus mengawal kebutuhan vaksin untuk booster. Yuni menerangkan vaksin Sinovac yang tersedia saat ini difokuskan untuk vaksinasi anak usia 6-12 tahun. 

"Kita lihat besok bagaimana, karena tidak diperbolehkan vaksin Sinovac untuk booster," terangnya.

Terpisah Kepala DKK Sragen dr Hargianto mengatakan, secara umum Sragen siap menggelar vaksinasi booster. Capaian vaksinasi semua lini sudah terpenuhi sesuai ketentuan pemerintah pusat. Begitu juga untuk petugas medis siap untuk melayani masyarakat.

"Vaksinasi pada anak sudah mencapai sekitar 86 persen. Kita siap sebenarnya cuma vaksinnya saja yang belum tersedia. Vaksinasi anak di Sragen tinggi karena stok vaksin memang memadai," jelas Hargi sapaan akrabnya.

Pemkab Sragen sudah membuka Links pendaftaran vaksinasi booster secara online. Program vaksinasi do sis 3 atau booster pada lansia dilaksanakan di Sentra Vaksinasi Sukowati Halaman Pemda Sragen.

Persyaratannya usia 60 tahun ke atas. Menunjukkan dan membawa fotokopi e-KTP Kabupaten Sragen. Selain itu, juga minimal 6 bulan setelah pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Dosis 2. Setelah itu jadwal vaksinasi akan diberitahukan melalui pesan WhatsApp.

Hargiyanto menyampaikan vaksin dosis ke 3 rencana baru sampai Sragen pada Senin siang. Selanjutnya pencanangan dilaksanakan Selasa pagi di Pemda Sragen.

"Jumlahnya belum berani pastikan, tapi untuk penyuntikan seminggu dua minggu saya rasa cukup. Untuk selanjutnya semoga rutinseperti sebelumnya," ujar Hargi. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar