FOKUS: #VAKSIN COVID

RSUD Surakarta Berubah Nama Jadi Fatmawati Soekarno, Begini Penjelasan Gibran

Seorang lansia mendatangi RS Fatmawati Soekarno dalam pencanangan Vaksinasi Booster.

KBRN, Surakarta: Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta mengganti nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Surakarta menjadi RS. Fatmawati Soekarno. 

Pemberian nama baru ini sempat membingungkan masyarakat. Lantaran RSUD Surakarta yang dibangun pada era kepemimpinan Wali kota-Wakil Wali Kota Joko Widodo (Jokowi) - FX Hadi Rudyatmo itu terkenal dengan nama RSUD Ngipang.

Sebutan familiar itu memang disematkan karena RS itu berada di Kampung Ngipang Kelurahan Kadipiro Kecamatan Banjarsari. Belakangan ini namanya berubah menjadi RS Fatmawati Soekarno.

Nama RS. Fatmawati sempat muncul di salah satu WA grup sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi booster lansia. Sontak, pemberitahuan tersebut membuat beberapa awak media menjadi bingung. 

"Bingung ya, nanti butuh sosialisasi," ungkap Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka setelah mencanangkan vaksinasi booster di rumah sakit tersebut, Jumat (14/01/2022) pagi.

Menurut Gibran, Pemkot baru melakukan pengajuan perubahan  nama tersebut beberapa bulan terakhir. 

Gibran mengungkapkan, nama Fatmawati diberikan untuk melengkapi nama Bung Karno yang juga dijadikan nama RSUD milik Pemkot Surakarta yang didirikan di Semanggi, Pasarkliwon.

"Ya kan untuk melengkapi. Sudah ada RS Bung Karno ya ini Fatmawati Soekarno. Tapi  kalau bingung ya sebut saja Ngipang gitu aja," pungkasnya. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar