FOKUS: #VAKSIN COVID

Penyuntikan Booster Dimulai, Stok Vaksin Solo Masih Terbatas

Seorang lansia diantar keluarganya untuk mengikuti program vaksinasi dosis ketiga (booster) di RSUD Fatmawati Soekarno Solo.

KBRN, Surakarta: Pemerintah Kota Surakarta hari ini Jumat (14/1/2022), melakukan pencanangan vaksinasi dosis ketiga (booster). Hanya saja stok vaksin yang dimiliki Pemkot Surakarta masih terbatas. 

Hari pertama penyuntikan vaksin ada ratusan warga yang di booster. Mereka adalah para lansia dan juga warga yang memiliki penyakit penyerta (komorbit). 

Walikota Gibran Rakabuming Raka mengatakan meskipun booster sudah dimasukkan tapi stok vaksin semua daerah terbatas. Pihaknya sudah komunikasi dengan TNI Polri, hanya saja yang tersedia tinggal sinovac.

"Semua masih terbatas, vaksinnya juga masih terbatas. Kami sudah komunikasi dengan pak Kapolres pak Dandim tapi yang tersedia masih sinovac," ungkap Gibran  di sela pencanangan Vaksinasi Booster di RSUD Fatmawati Soekarno Solo Jumat pagi.

Gibran mengatakan sudah komunikasi dengan daerah lain untuk meminjam vaksin yang masa berlakunya hampir habis. Pihaknya juga telah meminta tambahan stok kepada Kementerian Kesehatan.

"Ini udah ada pinjaman dari kota lain. Dari Pemalang, ya kita saling pinjam meminjam saja. Hampir semua jenis Astra," ujar Putra Sulung Presiden Jokowi itu.

Di Kota Solo saat ini hanya memiliki stok vaksin 200 dosis. Stok sejumlah itu digunakan untuk penyuntikan dua hari Jumat-Sabtu (14-15/1/2022). "Sampai besok saja lha pie meneh jumlah vaksin masih dikit," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta dr Siti Wahyuningsih mengatakan kuota vaksin masih kurang banyak. Pihaknya siap membantu daerah lain untuk menghabiskan stok vaksin untuk penyuntikan yang dosis ketiga.

"Intinya kalau ada daerah lain mungkin vaksinya berlebih karena sesuatu agar segera diselesaikan, kita siap membantu untuk menyelesaikan," katanya.

Pihaknya menargetkan February penyuntikan vaksin booster harus selesai. Jumlah lansia yang prioritas mendapatkan booster ada sekitar 55 ribu orang.

"Sudah mengajukan ke pusat, tidak hanya vaksin termasuk ADS-nya. Sinovac 30 ribu, moderna 20 ribu AstraZeneca 20 ribu. Sasaran vaksin booster di Solo, nanti semua harus mendapatkan booster, lansia itu 55 ribu, targetnya February selesai," tandas Ning.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar