FOKUS: #VAKSIN COVID

Vaksin Booster Warga Solo Dimulai Jumat, Prioritas Lansia

Foto Ilustrasi, Mantan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mendapatkan suntikan vaksin Covid 19 di RS Bung Karno, didampingi Kepala DKK dr Siti Wahyuningsih. Dok Istimewa

KBRN, Surakarta: Penyuntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster) di Kota Solo dimulai pekan ini. Pemkot bakal memulai vaksinasi booster Jumat (14/1/2022).

"Jumat ya 14 Januari kita mulai. Butuh waktu dan persiapan, tadi Bu Ning (Kepala Dinas Kesehatan Kota) laporan stok vaksin terbatas. Tapi kita mulai hari Jumat, tenang aja kita selalu paling cepat," ungkap Wali Kota Gibran Rakabuming Raka kepada wartawan di Balaikota, Rabu (12/1/2022).

Adapun sasaran utama untuk vaksin booster ini adalah warga lansia (lanjut usia). Selain itu juga warga rentan yang memiliki penyakit penyerta (komorbit). 

"Mereka kan rentan terpapar. Tapi instruksi dari pusat memang untuk Lansia dulu. Nanti baru umum," sambung Gibran.

Gibran mengaku akan segera meminta tambahan stok vaksin untuk booster. Di antaranya Pfizer, AstraZeneca dan juga Moderna. Sebab Vaksin ke tiga harus beda dengan dosis pertama dan kedua.  

"Kalau kecepatan ya tergantung dengan suplai Vaksin. Nanti kita coba koordinasi dengan kabupaten/kota lain yang AstraZeneca atau Pfizer mau expired di bulan-bulan ini," ujar Putra Sulung Presiden Jokowi itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta dr Siti Wahyuningsih menyampaikan, saat ini memiliki stok 200 dosis vaksin AstraZeneca. Untuk sementara akan disuntikkan stok tersebut kepada Lansia yang menjadi prioritas booster.

"Kita punya punya AZ (AstraZeneca) 200 dosis. Itu bisa digunakan untuk 400 penyuntikan. Untuk dosis tiga kan hanya setengahnya (dosis-red)," jelas Siti Wahyuningsih.

Perihal sasaran pertama yang akan disuntik vaksin booster pihaknya akan berkoordinasi dengan wilayah. Berdasarkan data DKK ada 47 ribu warga lansia di Kota Bengawan. 

"Kalau mekanisme seperti apa nanti kita koordinasikan dengan kelurahan. Intinya kita akan memberikan booster kepada masyarakat sesuai arahan presiden yaitu gratis. Masyarakat sabar semua akan dapat," tandas Ning. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar