Sering Hadir Sebagai Lalapan, ini Manfaat 9 Daun Selada yang Mungkin Belum Anda Tahu

KBRN Surakarta : Meskipun sering makan daun selada, apakah Anda tahu apa saja khasiatnya buat kesehatan? Sayuran segar ini rupanya menawarkan berbagai nutrisi penting bagi tubuh, lho! Langsung saja simak berbagai manfaat daun selada berikut ini.

Daun selada adalah sumber vitamin yang baik, termasuk vitamin A dan vitamin K yang sangat tinggi.

Bahkan, secangkir daun selada bisa memenuhi 82% kebutuhan vitamin A serta 60% kebutuhan vitamin K harian Anda.

Dikutip dari hellosehat.com Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 100 gram (g) daun selada mengandung komposisi sebagai berikut:

Air: 94.8 g

Protein: 1,2 g

Lemak: 0,2 g

Karbohidrat: 2,9 g

Serat: 1,8 g

Kalsium: 22 miligram (mg)

Fosfor: 25 mg

Besi: 0.5 mg

Natrium: 19 mg

Kalium: 186.4 mg

Selada bukan hanya dilengkapi oleh kandungan karbohidrat, protein, serat dan sedikit lemak.

Sayuran berdaun hijau ini juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti mineral zat besi, kalium, kalsium, folat, dan serat dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan gizi harian Anda.

Meski kaya kandungan gizi, Anda tak perlu khawatir dengan kalori dan lemak yang ada di dalam daun selada. Secangkir selada hanya mengandung 8 kalori dan sedikit sekali lemak.

Jadi, makan selada justru akan membuat Anda kenyang lebih lama tanpa takut bikin gemuk.

Berbagai manfaat daun selada untuk kesehatan bagi tubuh adalah berikut ini:

1. Menjaga kesehatan jantung

Daun selada kaya kandungan folat. Di dalam tubuh Anda, folat berfungsi untuk mengolah asam amino bernama homosistein dalam darah.

Sementara kadar homosistein dalam darah yang terlalu tinggi bisa menimbulkan berbagai masalah pada jantung, misalnya peyumbatan pembuluh darah.

Hal tersebut dapat meningkatkan risiko stroke, penyakit arteri koroner, dan emboli paru.

Di samping itu, selada mengandung vitamin A dan vitamin C. Keduanya merupakan antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas.

Kandungan selada ini juga bermafaat mencegah kerusakan sel-sel yang bisa berujung pada penyakit jantung.

2. Merawat kecantikan kulit

Kekurangan asupan vitamin A dapat membuat warna kulit jadi tidak rata atau belang. Sementara itu, kekurangan vitamin C bisa membuat kulit cepat keriput, kendur, dan kusam.

Kandungan air yang tinggi dalam daun selada juga bisa menjaga kelembapan kulit Anda secara alami sehingga tidak kering atau bersisik.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Berbagai vitamin dalam daun selada berfungsi untuk menjaga sel-sel imun dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Kandungan vitamin A juga mampu meredakan infeksi, peradangan, serta kerusakan sel.

Oleh karena itu, rutin makan selada bisa memberikan manfaat dalam mencegah penyakit umum yang disebabkan oleh virus dan bakteri, misalnya influenza dan diare.

4. Mencegah komplikasi kehamilan

Manfaat daun selada bagi ibu hamil dan janin tentu sayang bila dilewatkan. Pasalnya, daun selada adalah sumber folat yang tinggi.

Senyawa folat terbukti dapat menekan risiko kecatatan pada janin. Selada yang kaya kandungan vitamin K juga mampu mencegah perdarahan setelah persalinan.

Vitamin K berfungsi untuk menjaga agar darah ibu hamil dan janinnya tidak terlalu encer.

5. Menjaga kesehatan mata

Khasiat baik vitamin A bagi kesehatan mata tentu sudah tidak asing lagi buat Anda.

Kekurangan vitamin A bisa meningkatkan risiko glaukoma, katarak, dan menurunnya penglihatan karena proses penuaan.

Sebagai makanan yang tinggi vitamin A amat bermanfaat bagi mata.

6. Mencegah tulang keropo Mencegah tulang keropos

Karena selada mengandung vitamin K dan kalium yang dapat mencegah pengeroposan tulang, osteopenia, maupun osteoporosis.

7. Melawan infeksi mikroba

Karena selada mempunyai komponen antimikroba yang berperan dapat melawan berbagai macam penyakit di dalam tubuh.

8. Mengontrol tekanan darah

Karena daun selada mempunyai kandungan kaliumyang cukup sehingga bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah sehingga mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan stroke.

9. Mencegah kanker

Karena kaya kandungan antioksidannya yang berperan penting dalam memperkuat fungsi sel tubuh.

Semoga bermanfaat. (Atik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00