Tak Hanya Gurih, Ini 5 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh

    

KBRN Surakarta : Tak hanya membuat masakan terasa lebih gurih dan nikmat untuk menambah cita rasa masakan, tetapi manfaat bawang merah juga tidaklah sedikit, mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga mencegah kanker.

Beragam kandungan nutrisi di dalam bawang merah menjadikannya sangat baik untuk kesehatan.

Bawang merah juga telah lama dikenal sebagai salah satu obat tradisional Indonesia yang dipercaya dapat mengatasi beragam masalah kesehatan, mulai dari sembelit, batuk dan pilek, hingga susah tidur, karena kandungan Nutrisi di dalam Bawang Merah

Di kutip dari  ALODOKTER Kementrian kesehatan RI berikut ini adalah beberapa manfaat yang terkandung di dalam bawang merah untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menjaga kesehatan jantung

Studi menunjukkan bahwa kandungan nutrisi di dalam bawang merah mampu mencegah penggumpalan darah dan mengurangi penumpukan lemak atau kolesterol jahat di dalam pembuluh darah

Bawang merah juga mengandung allicin, salah satu jenis senyawa sulfur organik yang dapat melebarkan pembuluh darah.

Kombinasi manfaat tersebut menjadikan bawang merah baik dikonsumsi untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

2. Mengontrol kadar gula darah

Bawang merah juga diyakini dapat menurunkan kadar gula darah sekaligus meningkatkan kadar hormon insulin dalam tubuh, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

3. Menangkal efek radikal bebas

Bawang merah merupakan salah satu tanaman yang kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan ini mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit, seperti kanker.

Tak hanya itu, beberapa riset juga menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam bawang merah berpotensi untuk menghambat perkembangan penyakit degeneratif, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

4. Menjaga fungsi ginjal

Manfaat bawang merah lainnya adalah menjaga fungsi ginjal. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang merah mampu menurunkan kadar asam urat dan kadar kreatinin di dalam tubuh, sehingga kesehatan ginjal pun lebih terjaga.

Meski demikian, sejauh ini penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas bawang merah untuk menjaga fungsi ginjal masih perlu diteliti lebih lanjut.

5. Meredakan reaksi alergi

Saat seseorang mengalami reaksi alergi, tubuh akan melepaskan zat histamin yang memicu munculnya berbagai gejala alergi, seperti mata berair serta rasa gatal pada kulit dan hidung.

Bawang merah diketahui mengandung antioksidan quercetin yang dapat bertindak layaknya antihistamin, sehingga mampu mengurangi gejala reaksi alergi.

Namun, efektivitas dan tingkat keamanan bawang merah untuk meredakan reaksi alergi masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Untuk memperoleh khasiat dan manfaat bawang merah secara maksimal, Anda dapat mengonsumsinya dengan cara diolah menjadi berbagai jenis masakan atau ditambahkan ke dalam sup dan salad.

Demikian beberapa manfaat dari Bawang Merah

Semoga bermanfaat. (Atik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00