Manfaat Teh Tawar Tak Sepahit Rasanya

    

KBRN, Surakarta : Banyak orang yang gemar menikmati teh tawar tanpa campuran gula sedikitpun. Meski memiliki rasa yang pahit, tapi minuman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Ada beragam jenis teh yang dapat dinikmati, mulai dari teh hijau, teh hitam dan lainnya

Meski semua jenis teh tersebut nikmat diminum dalam keadaan manis, namun mengonsumsi teh tanpa pemanis lebih direkomendasikan.

Di lansir dari ALODOKTER. Kementrian Kesehatan RI berikut ini beragam manfaat Teh Tawar

yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi teh tawar:

1. Membuat tubuh relaks

Mengonsumsi teh tawar dapat membuat tubuh menjadi lebih relaks, hal tersebut tidak lepas dari manfaat kandungan L-theanin yang ada di teh dalam merelaksasi tubuh, juga dapat 

 meredakan stres, memperbaiki mood, dan meningkatkan fungsi otak.  Teh tawar tersebut dapat Anda temukan di teh hijau dan teh hitam.

2. Menormalkan kadar gula darah, karena kandungan polifenol yang ada pada beberapa jenis teh, seperti teh hijau, teh hitam, dan teh oolong, mampu meningkatkan sensitivitas insulin di tubuh, sehingga membuat kadar gula darah menjadi lebih mudah terkontrol.

Tidak hanya itu, polifenol yang terkandung di beberapa jenis teh juga bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 serta mengendalikan penyakit diabetes.

3. Menurunkan kolesterol jahat

Manfaat lain yang anda peroleh dari mengonsumsi teh tawar adalah mampu menurunkan kolesterol jahat ( LDL ).

Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi teh tawar secara rutin diperkirakan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh hingga 11%. Untuk jenis teh tersebut adalah teh hitam.

4. Melancarkan peredaran darah

Mengonsumsi teh tawar secara rutin mampu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh, karena kandungan polifenol di teh dapat mencegah terjadinya pembentukan plak di pembuluh darah, sehingga  anda tidak mudah mengalami penyempitan pembuluh darah. 

5. Mencegah kanker

Teh sudah dikenal sebagai salah satu minuman yang mampu mencegah munculnya penyakit kanker. Kandungan polifenol dan antioksidan yang terdapat di teh diketahui mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Jenis teh terutama dari teh hijau dan teh hitam.

Meski memiliki beragam manfaat, tetap perhatikan jumlah teh yang Anda minum. 

Batas konsumsi teh yang dianjurkan adalah 2-3 cangkir sehari. Jangan minum teh melebihi jumlah tersebut, terutama jika Anda sedang hamil atau menderita sakit maag.

Mengonsumsi teh secara berlebihan berisiko menyebabkan Anda mengalami efek samping dari kafein yang terkandung di dalamnya.

Semoga bermanfaat. (Atik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00