Kejar Target 50 Persen Penduduk Tervaksin, Dinkes Karanganyar Sasar 10 Ribu Penerima Perhari

ilustrasi vaksinasi di karanganyar

KBRN, Karanganyar: Upaya percepatan vaksinasi di kabupaten Karanganyar terus digenjot Dinas Kesehatan Karanganyar guna meningkatkan kekebalan tubuh masyarat terhadap virus covid 19.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, Warsito menyampaikan, salah satu upaya percepatan tersebut dengan meningkatkan angka capaian vaksinasi menjadi 10 ribu perhari.

"Kita memang sedang upayakan untuk capai 10 sasaran vaksinasi perhari," jelasnya kepada wartawan, Minggu (26/9/21).

Warsito mengatakan, sebelumnya, target penyaluran vaksinasi di Karanganyar hanya sekitar 6 ribu hingga 7 ribu perhari. maka dengan meningkatkan menjadi 10 ribu perhari, diharapkan penyebaran vaksinasi segera merata di Kabupaten Karanganyar.

"Sebelumnya, itu kan kita hanya 6.000 sampai 7.000 perhari saja, ini kita tingkatkan 10 ribu, agar capaiannya juga meningkat," ungkap warsito.

Dikatakan Warsito, terkait pasokan vaksin selama angka capaian ditingkatkan, Dinas Kesehatan memastikan tidak terjadi kendala, pasalnya, Karanganyar menjadi bagian dari wilayah aglomerasi yang saat ini tengah menjadi fokus untuk penanggulangan covid 19.

"Tidak ada masalah, karena kan wilayah aglomerasi, sekarang memang lagi jadi fokus vaksinasi," bebernya.

Disisi lain, Warsito menuturkan, saat ini Karanganyar tengah fokus mencapai target 50 persen dari total penduduk tervaksinasi di akhir bulan September. Hal itu untuk menurunkan level kebijakan PPKM di wilayah Aglomerasi Soloraya yang kini masih di level 3.

"Untuk bisa turun level, setiap daerah aglomerasi itu syaratnya tambah 50 persen penduduk sudah tervaksin, jadi ini kita kejar," katanya.

Lebih lanjut Warsito mengungkapkan, pihaknya tengah menggandeng seluruh fasyankes di Kabupaten Karanganyar untuk menyalurkan vaksinasi covid 19. Sedikitnya terdapat 56 fasyankes yang terdiri dari rumah sakit, puskesmas, hingga klinik swasta. "Saat ini, pembagian jumlah dosis vaksin masih sesuai dengan jadwal yang kita berikan, tapi kedepan, kita dorong pengelola klinik untuk menyediakan link pendaftaran secara online agar mempercepat proses vaksinasi," ujarnya.

Adapun berdasarkan data dinas kesehatan karanganyar per tanggal 25 September 2021, dari total sasaran penerima vaksinasi 733.359 orang, jumlah penerima dosis pertama telah mencapai 353.950 dan penerima dosis kedua mencapai 179.019 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00