FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Vaksinasi Seluruh Pelajar Solo Akhir September Kelar

KBRN,Surakarta: Gerakan vaksinasi di Kota Solo terus dimaksimalkan meskipun capaian hingga pekan ketiga September sudah melampaui target. Sasaran utama adalah 73 ribu pelajar di Kota Solo ditargetkan selesai pada akhir September ini.

Salah satu upaya percepatan, dengan membuka sentra vaksinasi bekerja sama dengan berbagai pihak. Paling baru, Pemkot bersama dengan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menyasar 15.000 warga KTP dan non-KTP Solo. 

Berdasarkan pertemuan dengan DPRD Provinsi Jawa Tengah pada Senin (20/9/2021), bakal ada tambahan target percepatan vaksinasi yakni kalangan anak usia 12 tahun dan warga lanjut usia (lansia). Tambahan vaksinasi itu yang yang akan dimaksimalkan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan sebagai daerah aglomerasi atau pusat Soloraya, Solo menjadi tujuan perantauan bagi ribuan penduduk daerah sekitar. 

“Warga yang domisili Solo, artinya tinggal di Solo tapi bukan warga Solo. Mereka harus melampirkan surat keterangan domisili dari Ketua RT/RW setempat," jelasnya kepada wartawan, Selasa (21/9/2021).

Ning, sapaan akrabnya, juga menyampaikan sasaran percepatan vaksinasi itu salah satunya adalah pelajar. Target 73.000 anak sekolah dan pondok pesantren yang menjalani pendidikan di Solo harus dikebut.

"September ini harus selesai, semoga tidak sampai akhir. Karena prinsip kita tidak main personal tapi kita kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama," jelas Ning.

Sementara Data dari Dinas Pendidikan (Disdik) dan pondok pesantren dari Kementerian Agama (Kemenag) ada 76 ribu anak. Sementara target yang harus divaksin sekitar 73 ribu anak. Terkait penjadwalan vaksinasi DKK menyerahkan sepenuhnya kepada Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama agar segera terlaksana.

 “Namun siapa yang divaksin, saya serahkan kepada Disdik dan Kemenag agar memudahkan pendataan, sekolah mana yang belum divaksin, maupun sebaliknya. Targetnya selesai pada bulan ini,” sambung Ning.

Sedangkan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan sampai 19 September, warga yang telah divaksin dosis pertama berjumlah 448.921 jiwa, dari target 417.151. Gibran mengatakan hasil pengecekan bersama DPRD, capaiannya 107%. 

"Kita terus maksimalkan, sasaran utamanya pelajar dan lansia. Kalau mahasiswa kan sudah divaksin. Tapi kalau dari luar daerah saya sarankan sudah vaksin di daerah masing-masing," pinta Gibran.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00