FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Abdi Dalem Kraton Surakarta Disasar Vaksin

Seorang abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta disuntik vaksin Covid 19 di Pagelaran Keraton Setempat.

KBRN Surakarta: Keraton Kasunanan Surakarta mengadakan vaksinasi Covid-19 untuk mempercepat kekebalan komunal dan pemulihan ekonomi. Keraton bekerjasama dengan Rumah Sakit TNI DKT Slamet Riyadi, kemudian Pemkot Surakarta, PMI, dan didukung Salim Grup. 

Setidaknya vaksinasi akan menyasar 15 ribu peserta baik warga kota Solo maupun dari luar kota yang diselenggarakan selama sepekan ke depan. Vaksinasi berlangsung di Pagelaran Keraton Surakarta. 

Koordinator Vaksinasi Keraton Surakarta Febri Dipokusumo menyampaikan, Walikota Gibran Rakabuming Raka mengizinkan vaksinasi untuk para Abdi dalem, Kerabat dan Sentono dalem serta masyarakat di sekitar kawasan sentra budaya Keraton Solo. Seperti tukang becak, penjualan souvernir, kemudian guade lepas dan warga yang beraktivitas di dalam benteng Keraton. 

"Mereka ini belum mendapatkan vaksinasi karena mereka bukan KTP Solo," ungkap Koordinator vaksinasi Febri Dipokusumo, Senin (20/9/2021).

Menurut Febri, Walikota mengizinkan 3000 Abdi Dalem, Kerabat dan Sentono. Mereka bekerja di sektor Kraton dan memberikan kesempatan 8000 untuk anak sekolah supaya cepat terlindungi karena PTM berlangsung.

"Keraton PB XIII memberikan dukungan sepenuhnya untuk masyarakat. Jadi membuka fasilitas keraton untuk masyarakat digunakan vaksinasi ini. Untuk masyarakat Solo yang difasilitasi dari Kecamatan," terangnya.

Narto Tukiman (70) salah seorang Abdi dalem dari Joho, Kabupaten Sukoharjo mendapatkan undangan untuk vaksin dari keraton. Meskipun di daerahnya ada program vaksinasi namun dirinya tidak mendapatkan fasilitas dari perangkat wilayah setempat. Kakek yang sudah mengabdi 15 tahun di Keraton Surakarta itupun mengaku senang kini dapat vaksin.

"Kemarin sudah daftar di sini Pangarso saya kan ada nanti vaksin di Solo saja di Keraton. Sukoharjo juga (vaksinasi) tapi tidak didaftar. Tidak diperintahkan sama RT," ungkap Narto Tukiman.

Adapun program vaksinasi Covid-19 di Pagelaran Keraton Surakarta mendapatkan perhatian Langsung Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Walikota selalu mengingatkan warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan meskipun sudah mendapatkan vaksin. 

"Memakai masker hukumnya wajib dalam segala aktivitas untuk melindungi diri sendiri dan orang lain."

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00