Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

 KBRN Surakarta : Indonesia  memiliki buah beraneka ragam diantaranya Pisang. Selain enak dimakan begitu saja juga bisa diolah dengan berbagai macam diantaranya dikukus, digoreng atau diolah bersama  bahan lain

Pisang banyak mengandung vitamin  mineral juga banyak manfaatnya.

1. Sebagai sumber energi

 Di dalam sebuah pisang terdapat sekitar 27 gram karbohidrat, dimana di dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber bahan bakar utama bagi tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan kalium di dalam pisang dapat membantu fungsi pembuluh darah dalam mengangkut oksigen ke otak, sehingga menjaga kestabilan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Pisang juga diketahui dapat mengurangi risiko stroke.

3. Mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam pisang dapat mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat radikal bebas, sehingga menurunkan risiko terkena berbagai penyakit seperti kanker.

4. Mengurangi risiko penyakit ginjal

Kandungan kalium di dalam pisang  berfungsi untuk mencegah penyakit batu ginjal.

5. Mengurangi mual saat hamil

Pisang mengandung vitamin B6 yang dapat mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil, sedangkan kandungan kaliumnya dapat mengembalikan elektrolit yang hilang akibat muntah

6. Menjaga kesehatan saluran cerna

Pisang merupakan sumber prebiotik, sehingga baik untuk menjaga kesehatan usus dan saluran cerna, pisang juga mengandung serat yang dapat mencegah sembelit dan kanker usus besar.

7. Menurunkan berat badan

Pisang dikenal sebagai buah yang tinggi serat. Kandungan serat di dalamnya dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menahan nafsu makan, sehingga Anda pun tidak makan secara berlebihan.

8. Meredakan tukak lambung

Pisang dapat memicu peningkatkan lendir di lambung, sehingga dapat meredakan atau mencegah tukak lambung. Pisang juga berperan sebagai antasida alami yang bekerja dengan cara menetralkan asam lambung, sehingga bisa mangatasi nyeri akibat maag.

(Atik)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00