FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Warga Antusias Isi Oksigen Gratis, Rumdin Walikota Girbran Jadi Tempat Isi Oksigen

KBRN, Surakarta: Ratusan warga Solo sumringah, setelah mendapatkan oksigen gratis dari Pemkot dan Korem 074 Warastratama Surakarta. Warga yang kesulitan mendapatkan oksigen selama beberapa pekan terakhir akhirnya lega.

Ratusan warga mengantre sejak pagi di Rumah Dinas Walikota Solo Loji Gandrung untuk dapat mengisi ulang oksigen secara cuma-cuma, Sabtu (31/7/2021). Syaratnya mereka adalah warga ber KTP Solo dan benar-benar digunakan untuk sendiri bukan untuk dijual kembali dan membawa tabung kecil kapasitas 1 meter kubik. 

Warga yang datang harus didata dari petugas Korem 074 Warastratama, kemudian mengantre menunggu panggilan sesuai nomor urut. 

Cipto Hartono salah seorang Warga RT 1/14 Kelurahan Pucangsawit, Jebres, mengaku senang bisa mendapatkan oksigen gratis. Dia sengaja untuk ikut mengisi ulang oksigen gratis karena untuk besannya yang mengalami sakit asam lambung dan sering membutuhkan oksigen. 

"Ini untuk besan saya yang sakit asam lambung. Dia kan sering butuh oksigen, jadi saya ikut ngisi di sini," katanya kepada RRI.

Dia mengaku, biasanya mendapatkan oksigen dari distributor PT Samator dengan membayar Rp 55 ribu setiap 1 meter kubik. Meskipun harus mengantre agak lama namun dirinya bersyukur akhirnya bisa mendapatkan oksigen.

"Biasanya ambil di samator dengan membayar Rp 55 ribu setiap 1 meter kubik. Tapi ini tadi gratis," sambungnya.

Sementara itu Walikota Solo Gibran Rakabuming di sela memantau pengisian oksigen mengatakan, melihat antusias warga yang membutuhkan oksigen maka bantuan ini akan dilaksanakan setiap hari. 

“Itu baru diatur pak Danrem. Kalau antusiasme warga seperti ini ya kita bikin tiap hari," ujarnya.

Gibran menegaskan oksigen gratis ini bukan untuk pasien Covid 19. Melainkan warga yang mengidap penyakit-penyakit yang lain seperti paru-paru, jantung yang setiap hari membutuhkan persedian di rumah masing-masing.

"Pokoknya kita fokus teman-teman yang butuh oksigen tapi bukan untuk covid ya. Tapi yang rawat jalan kanker paru-paru, asma, jantung. Mereka cari oksigen juga susah. Siapa saja boleh ikut, kita bantu. Asalkan KTP Solo dan bawa tabung sendiri," beber Putra Sulung Presiden Jokowi itu.

Gibran menyampaikan bahwa bantuan oksigen gratis ini CSR distributor PT Langgeng Gas Nyata dan juga De Lawang Joendjing atas inisiasi Korem 074Warastratama. "Ini bantuan CSR."

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kota DKK Surakarta dr Siti Wahyuningsih mengatakan, dalam pengisian oksigen gratis ini kapasitasnya mencapai 200 tabung 1 meter kubik. Sedangkan CSR ini tidak hanya untuk masyarakat, namun juga Rumah Sakit.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00