FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Percepatan Vaksinasi Dimasa PPKM, Stok Vaksin di Solo Mulai Menipis

Gubernur Ganjar Pranowo melihat langsung vaksinasi Covid-19 mobile yang dilakukan Pemkot Surakarta.

KBRN Surakarta: Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat PPKM Darurat 03-20 Juli Pemkot Surakarta menggenjot vaksinasi Covid-19. 

Dengan percepatan itu capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 60,95 persen sedangkan dosis kedua baru mencapai 35,41 persen. Namun sayangnya untuk perpanjangan PPKM ini vaksin mulai menipis. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta dr Siti Wahyuningsih mengatakan ketersedian vaksin sendiri diprediksi hanya mampu bertahan hingga pekan ini saja. Siti Wahyuningsih mengaku sudah mengajukan permintaan vaksin baik ke Provinsi maupun ke pusat. 

"Dinas Kesehatan sudah mengajukan permintaan vaksin ke Kementerian Kesehatan sebanyak 50 ribu dosis beberapa pekan lalu, namun sampai saat ini belum ada keterangan vaksin kapan turun," ungkap Ning Saat Wawancara virtual dengan wartawan kemarin.

Menurutnya, dari ketersedian vaksin yang ada saat ini Dinas Kesehatan memfokuskan untuk vaksinasi tahap kedua. 

"Kita sudah minta, Katanya sudah akan diturunkan. Tapi belum tahu kapan. Kemarin pak Menkes bilang mau dropping 10 ribu dosis juga. Dari laporan cepat saya, hanya sampai pekan ini," tambahnya.

Diakui Ning, capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 60,95 persen sedangkan dosis kedua baru mencapai 35,41 persen Ning mengaku, pemkot Solo memang terus melakukan percepatan vaksinasi untuk warga Solo. Saat ini di Solo sendiri pelaksanaan vaksin rata-rata 4 ribu hingga 5 ribu vaksin per harinya. 

"Bulan-bulan terkahir ini kita ngebut ya, juga dengan menggandeng pihak ketiga. Tapi sekarang belum berani, kalau ada vaksinnya kita vaksin-vaksin terus," tuturnya. 

Sebelumnya Gubernur Ganjar Pranowo menyampaikan daerah yang penyuntikan vaksin cepat akan menerima kiriman lebih cepat. Namun demikian pihaknya meminta daerah segera menginput data vaksinasi.

"Sebenarnya kecepatan saja, kalau mereka sebenarnya bisa melakukan percepatan penyuntikan vaksin lalu mengisi data akan cepat. Semua telah memasukkan data vaksin sekian data kami, sekian sudah terpakai dan tersedot sekian. Kalau tinggal sedikit otomatis pusat akan mengirimkan," jelas Ganjar saat kunjungan kerja ke Solo beberapa saat lalu.

Untuk diketahui, Pemkot Surakarta gencar melaksanakan program kebut vaksinasi untuk menangani penyebaran covid-19. Sampai saat ini, capaian vaksinasi Kota Solo masih masuk dalam tingkat tertinggi di Jawa Tengah untuk vaksinasi covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00