FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Percepat Kekebalan Kelompok Gibran Genjot Vaksinasi Covid-19, Penyuntikan Usia 18 Dimulai Hari Ini

Walikota Solo Gibra Rakabuming memantau vaksinasi covid 19 untuk kalangan umum warga usia 18+ di RS PKU Muhammadiyah.
Kepala DKK Surakarta memberikan imbauan kepada peserta vaksinasi agar tetap prokes meskipun telah disuntik vaksin.
KBRN, Surakarta: Vaksinasi terhadap masyarakat umum usia 18 sampai 50 tahun di kota Solo dimulai hari ini, Senin (21/6/2021). Penyuntikan berlangsung di beberapa fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) di Kota Bengawan.

 

Seperti yang berlangsung di RS PKU Muhammadiyah Surakarta, mendapat perhatian Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka. Gibran didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta dan Direktur RS PKU Muhammadiyah memantau penyuntikan vaksin untuk usia 18 tahun ke atas. 

 

Gibran mengatakan vaksinasi dilakukan pada warga 12 kelurahan di kota Solo yang berada di perbatasan dengan kabupaten. Mengingat wilayah tersebut penularan virus tergolong tinggi sejak awal pandemi. Gibran menyebut antusias masyarakat menerima vaksin cukup tinggi.

 

"Kita mulai hari ini Semanggi (kelurahan) dan Danukusuman. Peminatnya banyak sekali, sudah dibuka untuk umum," kata Gibran kepada wartawan disela memantau vaksinasi di RS PKU Muhammadiyah Surakarta.

 

Gibran sengaja mempercepat penyuntikan vaksin di tengah meningkatnya kasus Covid-19 diberbagai daerah. Hal ini untuk percepatan heard immunity. Selain Vaksinasi terhadap usia 18 tahun Pemkot Surakarta juga masih terus menyasar lansia dan pra lansia.

 

"Umum jalan 18+. Lansia jalan, puskesmas jalan, mobil jalan, kami percepat. Ini baru hari pertama nanti kalau 54 (kelurahan) selesai, pokoknya kami kejar terus, kami tambah terus," ujar putra Sulung Presiden Jokowi itu.

 

Gibran meminta kelurahan terus melakukan pendataan warga. Setiap kelurahan akan dijatah 1000 dosis. Setiap kelurahan memiliki cara tersendiri dalam pendaftaran ini, seperti menggunakan layanan google form atau datang ke kantor kelurahan maupun melalui RT/RW.

 

"Pendataan dari pak lurah semua, kami jatah seribu dulu per kelurahan, hari ini selesaikan 400 di dua tempat, tiap habis tambah terus. Pendaftarannya cepat yang 18 tahun ke atas, tiap kelurahan ada yg pakai google form, didata pak RT, ada pak lurah macam-macam. Yang penting antusiasme warga, semuanya siap," jelasnya.

 

Sementara itu salah seorang warga penerima Vaksin Ari Purnomo mengaku senang dan lega telah menerima vaksin, meskipun harus nunggu. Warga Semanggi itu berharap lebih aman dari paparan virus korona usai divaksin.

 

"Iya ini dah lega ya, dapat vaksin, emang harus nunggu. Saya harap biar cepet aman dari Covid-19 ini," ucap warga sebagai wiraswasta itu.

 

Sementara itu Kepala DKK dr Siti Wahyuningsih meminta warga yang sudah menerima vaksin tetap menjaga Protokol Kesehatan. Utamanya tetap menerapkan 5 M agar tidak tertular virus varian baru.

 

"Walau sudah divaksin tidak boleh abai lho ya. Memakai masker harus terus dilakukan. 5 M itu harus dilaksanakan biar aman semua," pinta Siti Wahyuningsih kepada peserta vaksinasi di RS PKU Muhammadiyah Solo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00