FOKUS: #VAKSIN COVID-19

95 Pasien Covid-19 dari Kudus Pulang dari AHD, 7 TNI Isolasi di Rumkitlap

Kendaraan Water Cannon Polres Boyolali menyemprotkan desinfektan di lingkungan tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan Boyolali.

KBRN, Surakarta: Tempat Isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan (AHD) Boyolali mendekati penuh. Dari 820 tempat tidur kini terisi 649 orang. 

Dari jumlah tersebut 237 diantaranya orang tanpa gejala (OTG) dari wilayah Solo Raya. Sementara sisanya untuk warga Kudus yang juga dalam status OTG.

"AHD saat ini total pasien 649. Ini dari 820 bed. Soloraya ada 237 dan Kudus ada 412," kata Ketua Satgas Covid-19 AHD yang juga Danrem 074 Warastratama Surakarta Kolonel Inf Deddy Suryadi, Rabu (16/06/2021).

Menurut Deddy, perawatan dan penanganan terhadap warga OTG baik dari Solo Raya maupun Kudus semua laksanakan sesuai SOP. Sampai dengan Rabu (16/2) tidak ada penambahan pasien. Malah puluhan warga telah pulang ke daerah asal setelah sembuh.

"Kudus tidak ada penambahan, mudah-mudahan tidak ada. Yang pulang 95 orang," tandas Danrem.

Sementara itu terkait pengelolaan rumah sakit lapangan Rumkitlap TNI AD di Benteng Vastenburg Deddy mengaku sudah siap. Bahkan saat ini sudah digunakan untuk perawatan sejumlah anggota TNI yang juga terpapar virus saat menjalankan tugas pengamanan.

Danrem menyampaikan 7 anggota TNI di Solo diketahui positif COVID-19 usai menjalankan tugas pengamanan di sejumlah wilayah. Saat ini mereka menjalani perawatan di rumah sakit lapangan yang berada di Benteng Vastenburg, Kota Solo.

"Ada tujuh anggota kami yang setelah di-swab antigen ternyata hasilnya positif," kata Komandan Korem 074/Warastratama Solo, Kolonel Inf Deddy Suryadi, Rabu (16/06/2021).

Menurut Deddy, para anggota yang terpapar COVID-19 itu berasal dari batalyon kavaleri dan kesatuan lainnya. Mereka baru saja selesai dalam tugasnya melakukan pengamanan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Saat ini mereka telah menjalani isolasi dan perawatan di rumah sakit lapangan (rumkitlap) yang berada di Benteng Vastenburg.

Untuk diketahui Rumkitlap memiliki kapasitas 92 bed. Kemudian juga dilengkapi 4 ruang Intensive Care Unit (ICU).

Meski memiliki bangunan berupa tenda, rumah sakit lapangan itu memiliki fasilitas seperti layaknya rumah sakit pada umumnya. Selain ruang perawatan pasien yang dilengkapi pendingin ruangan, rumah sakit itu juga memiliki beberapa fasilitas lain seperti alat dekontaminasi, laboratorium serta tenda tenaga kesehatan.

Ini di sini ada 4 (ICU-red) di Rumkitlap. Kosong. Mudah-mudahan tidak terpakai," ujar Danrem. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00