Genjot Vaksinasi Penduduk Usia 50 Keatas, Pemkot Sediakan Mobil Vaksin Keliling

Sebagai upaya menggenjot percepatan vaksinasi terhadap masyarakat usia 50 ke atas, selain dilaksanakan pada fasilitas kesehatan (faskes), seperti rumah sakit dan puskesmas, pemerintah Kota Surakarta melakukan inovasi jemput bola pelayanan dengan mobil keliling.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta Siti Wahyuningsih mengatakan pelayanan vaksinasi keliling untuk lebih mendekatkan pada masyarakat di titik-titik yang capaiannya masih rendah agar dapat terlayani. “Mobil keliling vaksinasi ini, agar kami bisa mendekat kepada masyarakat,” ungkap Siti kepada wartawan di kawasan Ngarsopuro, Selasa (15/06/2021).

Meski lokasi faskes yang tesedia di Kota Surakarta dengan masyarakat jaraknya cukup dekat. “Kegiatan ini, ternyata disambut antusias luar biasa oleh masyarakat. Mudah-mudahan segera cakupannya meningkat dan kekebalan komunitas segera terbentuk.” harapnya.

Sementara Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surakarta, Ahyani mengaku masih terkendala vaksinasi bagi masyarakat usia dibawah 18 tahun karena menunggu instruksi dari pusat. 

“Secara presentasi semua sudah, cuma yang kita terkendala keterbatasan usia. Kemarin kita sudah mengarah ke yang usia dibawah 18 tahun itu belum (disetujui).” ungkap Ahyani.

Ketua Satgas yang juga menjabat Sekda Kota Surakarta itu mengatakan apalagi pelaksanaan vaksinasi saat ini masih terfokus bagi pralansia.

“Kita ada kelonggaran yang pralansia, Tapi sekarang yang pralansia, tapi yang umum, di bawah pralansia, belum. Belum semua, (pralansia) masih 84 persenan.” pungkasnya.

Pemkot Surakarta telah memvaksin lebih dari 42 ribu warga kategori lansia dan pralansia dengan target sekitar 50 ribu orang, saat ini capaian lebih dari 84 persen. Program ini terus didorong agar target vaksinasi tercapai, dilayani faskes di Kota Surakarta sebanyak 17 puskesmas, 3 klinik, dan 19 rumah sakit.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00