Kasus Naik, 17 Warga Terpapar DBD 2 Orang Meninggal

Ilustrasi foto nyamuk Aedes aegypti. Dok Istimewa

KBRN Surakarta: Dinas Kesehatan Kota Surakarta kembali mencatat angka lonjakan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di tengah pandemi Covid 19. Setidaknya dua orang meninggal dunia akibat peningkatan kasus DBD pada kurun waktu Januari-Mei 2021 ini. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Surakarta dr. Tenny Setyoharini mengatakan, selama Januari-Mei terdapat 17 kasus DBD di Kota Bengawan. Jumlah itu disebutnya meningkat signifikan bahkan ada dua orang meninggal di Kelurahan Tipes Kecamatan Serengan dan Gandekan Kecamatan Jebres. 

Tenny juga menyebutkan bahwa 17 kasus tersebut menyebar di berbagai kelurahan. "Ini kasusnya menyebar di Kelurahan Sewu, Pucangsawit, Mojosongo, Karangasem, Pajang, Jebres, Panularan, Nusukan, Tipes dan Gandekan," jelas Tenny saat dijumpai di kantornya, Senin (14/6/2021).

Pihaknya juga menekankan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) serentak terus dilaksanakan masyarakat. Meskipun dengan adanya pandemi Covid 19, warga tidak terlena dalam PSN dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Saya rasa masih giat melalui Puskesmas kan PSN ada. Terus masyarakat harus waspada dengan Covid-19, tapi tidak terlena dengan penyakit menular yang lain seperti DBD," kata dia.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta dr Siti Wahyuningsih mengakui ada peningkatan kasus DBD di Kota Solo. Menurutnya masyarakat harus lebih waspada memasuki musim kemarau namun masih sering turun hujan.

"Ya harus waspada terus tapi kasusnya menurut saya masih bisa ditekan. Upaya 3M harus jalan, 3M bukan memakai masker lho, tapi menguras, menutup, dan mengubur barang bekas tak terpakai," tandas Ning sapaan akrabnya.

Disisi lain pihaknya meminta agar kader jumantik di tingkat keluarga terus diaktifkan, untuk memantau setiap keberadaan jentik di tempat-tempat tampungan air. Hal ini menurutnya mampu menekan perkembangan nyamuk Aedes aegypti. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00