FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Kasus Covid-19 Solo Naik Lagi Klaster Baru Bermunculan

Petugas Kesehatan Kota Surakarta melakukan tracking warga kontak dekat dengan pasien Covid-19.

KBRN Surakarta: Kasus penularan Covid-19 di Kota Solo pada bulan Mei ini mengalami peningkatan signifikan. Data dari Satgas Covid-19 Surakarta menyebutkan, dalam sepekan terjadi penambahan 147 kasus.

Kenaikan signifikan terjadi pada Kamis 6 Mei, dalam satu hari terjadi penambahan 42 kasus positif. Kemudian kasus aktif juga tinggi mencapai 299 pada Jumat (7/5/2021).

Ahyani menyebut terjadinya peningkatan kasus selama ini lantaran semakin banyak interaksi masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan. Peningkatan kasus baru tercatat 42 orang, dari sebelumnya selalu di angka belasan menjadi perhatian tersendiri.

“Ini naik terus merambat pelan, yang kami khawatirkan ternyata terjadi. Kami mendapati kasus naik, ya, enggak masalah, karena kami enggak akan pernah kendor tracing," terangnya.

Perihal penularan virus dengan klaster klaster baru, Ahyani menyebutkan paling banyak klaster keluarga. Karena penularan merata di kelurahan-kelurahan. 

"Klasternya enggak hafal, tapi paling masih keluarga ini. Evaluasinya, memperketat dan hati-hati menjaga protokol kesehatan, serta mengoptimalkan peran Jaga Tangga,” jelas Ahyani.

Sementara itu Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengklaim meskipun terjadi peningkatan kasus namun tidak ada kelurahan yang zona merah. Menurutnya paling parah di Solo zona orange kuning dan akan segera dihijaukan.

"Gak ada yang merah, paling parah orange itupun akan segera kita hijaukan tenang aja," ungkapnya.

Sementara itu evaluasi dari Satgas Covid-19 Surakarta akan memperketat dan hati-hati menjaga protokol kesehatan, serta mengoptimalkan peran Jogo Tongo. Kenaikan merambat secara perlahan ini sudah diprediksi, dan yang dikhawatirkan ternyata terjadi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00