FOKUS: #PPKM MIKRO

Penumpang Bus AKAP Masuk Terminal Tirtonadi Wajib Tes GeNose

Kepala Terminal Solo menyaksikan Tes GeNose Screening bagi penumpang Bus AKP yang tiba di Tirtoonadi.

KBRN, Surakarta: Screening Covid -19 dengan menggunakan GeNose diberlakaukan di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo. Tes cepat deteksi virus Covid -19 ini diberlakukan untuk penumpang bus yang datang dari Luar Provinsi.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo Joko Sutriyanto mengungkapkan, tes GeNose sebagai langkah antisipasi awal menjelang diberlakukan larangan mudik tanggal 6 – 17 Mei 2021. Mengingat saat ini sudah ada beberapa masyarakat yang mudik dari luar propinsi.

"Lha ini sekaligus sebagai penghambat penyebaran covid 19 di Solo ray," kata Joko Sutriyanto, kepada wartawan Senin (12/4/2021).

Tes Genose diberlakukan secara acak bagi penumpang bis Antara Kota Antar Propinsi  (AKAP)  yang datang dari luar propinsi. Hanya saja tes ini terbatas maksimal 10 orang perhari. Untuk selanjutnya pihak Terminal masih menunggu kebijakan pemerintah pusat.

"Kita terus menerapkan protokol kesehatan.Dengan diadakan layanan Genose ini untuk menagtisipasi arus mudik 6-17 Mei 2021, Karena ada satu dua orang yang datang dari  luar propinsi ini kita rundown secara acak 10 penumpang sebagai antisipasi perluasan penyebaran covid 19," beber Joko.

Lanjut Joko Sutriyanto, berdasarkan pantauan di terminal pemeriksaan genose dilakukan di posko pintu masuk utama. Para penumpang luar propinsi harus mendaftar terlebih dahulu sebelum dilakukan genose oleh petugas.

Sementara penumpang Bus AKAP dari lampung, Sri Mulyani asal Kalijambe Sragen mengapresiasi dengan adanya Tes GeNose di Terminal. Dengan Tes GeNose sangat senang karena fasilitas gratis juga  bisa mengatahui kesehatan dirinya tidak terpapar Covid 19 sebelum ketemu keluarga.

"Dengan adanya tes Genose saya menyambut positif dan lebih menyukai pemeriksaan covid 19 ini. Karena lebih cepat apalagi di stasiun gratis tidak dipungut biaya," ucapnya.

Dengan tes GeNose ini hasilnya dari 10 penumpang dinyatakan semua negatif. Adapun layanan GeNose dilakukan secara gratis dengan menyiapkan dua bilik untuk tes, dan juga satu unit alat GeNose. Siti/MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00