Dinkes Karanganyar Jadwalkan Swab Antigen di 5 Sekolah Pilot Project Uji Coba PTM

KBRN, Karanganyar: Dinas kesehatan Kabupaten Karanganyar mulai menyiapkan mekanisme pelaksanaan swab antigen di 5 sekolah yang melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka.

5 sekolah tersebut diantaranya, SMPN 1 Karanganyar, MTsN 2 Karanganyar, SMAN 1 Karanganyar, SMKN 1 Karanganyar, dan MAN 1 Karanganyar.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Karanganyar Purwati mengungkapkan, swab antigen tersebut untuk memastikan kesehatan para guru dan murid usai melaksanakan uji coba PTM.

"Kalo kami tidak dadakan ya, kemarin sudah kita menjadwalkan swab antigen Covid-19 di lima sekolah yang melaksanakan uji coba PTM," jelasnya kepada wartawan, Senin (13/4/21).

Dikatakan Purwati, rencananya, pelaksanaan swab antigen akan dilakukan secara acak pada akhir pekan ke dua uji coba Namun, lanjutnya, dalam pelaksanaannya dinkes hanya menggambil sampling siswa, guru, maupun karyawan di masing-masing sekolah.

"Nanti tidak semua, kita ambil sample dari guru, siswa, juga karyawan di masing-masing sekolah. ya waktunya minggu kedua uji coba," paparnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Wilayah VI,Suratno mengungkapkan, mendukung penuh langkah swab antigen dari dinas kesehatan Karanganyar. Pihaknya segera berkoordinasi dengan dinas kesehatan untuk langkah persiapan pelaksanaan swab antigen.

"Kalau dinas kesehatan menghendaki adanya swab antigen setelah uji coba tatap muka kami senang sekali, tentunya mendukung, nanti kita bisa mengetahui apakah ada yang terpapar atau tidak," ungkapnya.

Lebih lanjut, Suratno mengungkapkan, melalui hasil swab antigen nantinya dapat menjadi bahan evaluasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa mendatang.

"Itu nanti juga bisa kita jadikan bahan evaluasi pelaksanaan pembelajaran tatap muka," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00