Bawa Barang Melebihi Muatan, 32 Kendaraan Ditilang Polres Karanganyar

KBRN,Surakarta: Sebayak 32 kendaran dengan muatan berlebih atau Over Dimension/Overloading (ODOL) yang melintas di wilayah Hukum Polres Karanganyar dikenakan sanksi tilang.

Tindakan tegas penilangan itu merupakan upaya Satlantas Polres Karanganyar untuk menekan angka kasus kecelakaan kendaraan yang merugikan banyak pengendara.

Berdasarkan data Satlantas Polres Karanganyar, 32 kendaraan tersebut merupakan akumulasi dari hasil penindakan razia secara berkala mulai dari tanggal 1 Agustus hingga 15 Agustus lalu.

Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo melalui Kasatlantas AKP Yulianto menyampaikan Satlantas selalu melaksanakan upaya preemtif seperti sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dan pelaku usaha pengiriman barang akan bahaya kendaraan ODOL ini, namun ternyata banyak yang tidak mengindahkannya.

“Penegakkan hukum kami berikan kepada pengguna jalan yang masih melanggar aturan terkait kendaraan ODOL ini, sesuai dengan pasal 277 dan pasal 307 UU No 22 Tahun 2009,” ungkap Kasatlantas.

Menurut AKP Yulianto, kendaraan bermuatan lebih ini menjadi salah satu pemicu terjadinya kecelekaan di berbagai lokasi.

“Selain beresiko menyebabkan kecelakaan lalu lintas karena muatan yang berlebih, kendaraan ODOL ini juga berpotensi menyebabkan kerusakan jalan,” tambahnya.

Satlantas Polres Karanganyar mengimbau kepada kendaraan bermuatan lebih tersebut untuk memindahkan atau membagi muatan dengan kendaraan lain, atau bisa memilih atau menyewa kendaraan yang lebih besar sesuai dengan dimensi dan berat muatan yang dibawanya.

“Jika memang harus membawa muatan yang berat dan besar, silahkan menyewa kendaraan yang sesuai sehingga tidak terjadi overload maupun over dimensi. Resikonya memang biaya lebih mahal, namun aman untuk keselamatan kita semua,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar