FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Pilih Kendaraan Dinas Jenis Ini, Gibran-Teguh Sebut Lebih Lincah dan Praktis

Dua Mobil Kijang Innova warna putih AD1 dan AD2 terparkir di depan kantor Walikota Kompleks Balaikota Surakarta.

KBRN,Surakarta: Mobil Kijang Innova warna putih masih digunakan Walikota Gibran Rakabuming Raka dan Wakilnya Teguh Prakosa saat pertama kali ngantor ke Balaikota Surakarta, Senin (1/3/2021). Sebelumnya kedua mobil itu digunakan untuk menghadiri pelantikan di gedung DPRD Jumat (26/2/2021).

Gibran dan Teguh memilih menggunakan mobil dinas jenis MPV (multi purpose vehicle) dari pada mobil sedan Toyota Camry yang sebelumnya menjadi tunggangan FX Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo. 

Mobil Innova yang menjadi kendaraan dinas Gibran-Teguh keluaran 2018. Sebelumnya kendaraan itu digunakan Ketua PKK atau istri Walikota dan Wakil Walikota. Kenapa memilih Innova?

Dijumpai wartawan dalam kegiatannya di Benteng Vastenburg akhir pekan lalu Gibran dan Teguh sepakat menggunakan Innova. Teguh mengaku Solo kotanya kecil, sehingga butuh kendaraan dinas yang praktis.

"Solo ini kan kotanya kecil lebih praktis, artinya untuk kita lebih lincah. Hanya itu aja sebetulnya. Tidak ada pilihan lain," beber Teguh Prakosa.

"Dibanding Camry lebih lincah ini, lebih lincah Innova. Blusukan kemana-mana cepat," timpal Gibran.

Teguh juga mengungkapkan, kendaraan dinasnya saat ini untuk menjangkau daerah pinggiran lebih nyaman.

"Dan ke daerah, mungkin besok ke utara kan enak pakai itu. Seperti ke Putri Cempa (Tempat Pembuangan Akhir) kemarin lebih fleksibel. Kapasitas lebih luas," sambung Teguh.

Sebelumnya Kabag Umum Setda Surakarta Erwin Nugroho menjelaskan alasan pemerintah belum menganggarkan mobil dinas baru karena banyak anggaran yang digunakan untuk penanganan Covid-19.

"Itu karena mobil dinas wali kota dan wakil wali kota lama yang nanti dipakai Gibran dan Teguh masih laik."

Sedangkan Pemkot, belum bisa melakukan pengadaan mobil dinas baru karena pademi banyak anggaran terkena refocusing.

"Buat nanganin Covid-19 aja kurang kok, beli mobil dinas," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Ahyani saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (17/2/2021) lalu.

Ahyani mengatakan bahwa mobil dinas yang dipakai Rudy-Purnomo itu kondisinya masih cukup prima, meskipun keluaran 2012 dan 2016. Jika kunjungan jarak jauh Pemkot memiliki kendaraan dinas lain yang nanti bisa digunakan untuk operasional jarak jauh bagi Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih.

"Iya, masih menggunakan mobil dinas lama. Kalau mobil dinas wali kota pengadaannya tahun 2012. Pak Wakil tahun 2016 atau 2017. Lebih muda punya Pak Wakil," ungkap dia.

"Kalau untuk jarak jauh kan kita ada cadangan MPV ada Kijang, ada Toyota Alphard dan Fortuner," imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00