Awas! Lagi Musim Penghujan, Waspada Ular Masuk Rumah

KBRN, Surakarta: Memasuki musim pengujan sekarang ini, masyarakat dihimbau untuk waspada akan ular yang sering masuk rumah warga. Hal itu guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Ketua umum Exotic Animal Lovers-EXALOS Indonesia yang sekarang lebih berperan dalam penanganan ular Janu Wahyu Widodo mengungkapkan, di musim penghujan, sangat wajar apabila banyak ditemukan ular yang masuk ke dalam ular. Menurut Janu yang juga seorang anggota TNI yang bertugas di Brigif 6 Kostrad,  di musim penghujan, mulai bulan Oktober sampai Desember merupakan musim ular untuk menetas dan saat menetas ular membutuhkan suhu yang hangat.

"Di luar itu suhu berubah dingin karena hujan, sehingga secara insting ular-ular tersebut akan mencari suhu yang lebih hangat yang ada di dalam rumah," jelasnya kepada RRI, Senin (23/11/20).

Janu menjelaskan, untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah ular yang masuk ke dalam rumah, pihaknya telah menyiapkan banyak relawan apabila dimintai bantuan untuk mengevakuasi ular yang masuk rumah warga.

”Tahun lalu, kita mulai banyak itu di bulan November sampai Maret, nah ini nanti kita sudah menyiapkan relawan, mereka siap apabila ada permintaan rescue, tetapi untuk bulan-bulan ini kita sudah setiap hari ada permintaan rescue satu hari satu, itu sudah pasti ada,” bebernya.

Sementara itu, Relawan Exalos lain Syifa Mayang Fadila mengatakan, ular sangat sensitif dengan bau-bau yang wangi dan suka akan tempat-tempat yang lembab. Oleh karena itu Syifa menyarankan antisipasi untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah dengan mengepel lantai rumah dengan campuran cairan pembersih lantai yang wangi dan membersihkan tempat=tempat yang lembab di dalam rumah.

” Anjuran tim dari Exalos itu sendiri untuk mengansitipasi ular masuk rumah pertama itu lantai selalu dipel, karena ular tidak suka bau yang wangi, lalu ruang-ruang yang lembab itu sebaiknya segera dibersihkan, jangan jadi ruang lembab lagi,” Katanya.

Saat ini tim Exalos tersebar di 16 cabang regional di seluruh Indonesia, antara lain Jambi, Palembang, Jabodetabek dan Solo Raya. Apabila ada permintaan bantuan evakuasi ular yang masuk rumah, tim akan menshare ke seluruh anggota dan akan ditangani oleh relawan yang terdekat. Gono/AD

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00