Gelar Zikir Tahlil Ditengah Pandemi Covid, Peringatan Hari Santri Di Klaten Sederhana

KBRN, Klaten: Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2020 tingkat Kabupaten Klaten tetap dilaksanakan  walaupun secara sederhana. Hal dilakukan karena situasi belum memungkinkan akibat wabah covid 19.

Seperti yang berlangung di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Klaten, peringatan yang diikuti sekitar 80 orang  yang berasal dari Karyawan Kementrian Agama, Ormas dan perwakilan para Santri.

Kepala Kantor Kementrian Agama kabupaten Klaten Anif Solikhin   mengatakan berdasarkan kesepatan bersama dengan perwakilan pesantren ,perwakilan ormas islam, dan forum komunikasi madrazah diniyah tidak menyelengarakan peringatan hari santri secara lebih besar. Namun dapat dilakukan di lembaga atau pondok pesantran masing -masing.

"Kita sepakat tidak menyelenggarakan peringatan upacara besar tapi menyelenggrakan di masing-masing pondok. Dikementrian agama kita menyelenggrakan upacara. Disilenggarakan dengan protokol kesehatan," ungkap Anif Solikhin kepada RRI, Kamis (22/10/2020).

Dikatakan, ada sejumlah tempat yang menyelenggarakan  peringatan hari  santri  dengan dilakukan dengan dzikir bersama di DPC NU Klaten.

Kegiatan yang hampir sama dzikir dan tahlil juga berlangsung di Pondok Pesantran Candi Barokah Mlese Gantiwarno Klaten.

Salah seorang pengasuh Sunardi kepada RRI mengatakan  karena adanya  covid 19 maka kegaitan hari santri tidak tidak diselengarakan secara khusus akan tetapi digabungkan dengan kegiatan rutin pondok  berupa dzikir dan juga mujahadah. Kegaitan dilakukan bersama santri dan juga masyrakat sekitar dengan jumlah terbatas sesuai anjuran pemerintah.

"Mujahadah,dzikir tahlil, sesuai himbauan dari pemerintah kami tidak banyak pak hanya melibatkan warg kampung, tetap penerapan protokol kesehatan," kata Sunardi. 

Ia juga berharap wabah corona cepat berlalu  sehingga  kegiatan peringatan hari santri  dapat dilakukan lebih meriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Adam suanto/AD

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00