Masyarakat Kota Solo Diajari Budi Daya Lele

KBRN, Surakarta : Budi daya ikan lele saat ini dikembangkan bagi warga Kota Solo, sebagai solusi ekonomi di tengah pandemi. Salah satu kegiatan diwujudkan dengan pelatihan pembenihan ikan lele bagi masyarakat Kampung  Kandang Sapi  kalurahan jebres, Kecamatan Jebres Solo.

Salah satu peserta Agus Purwanto mengaku terbantu dengan pelatihan ini karena dapat mengembangkan budidaya ikan lele tersebut. Ia mendapat pelatihan dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Dan Perikanan Kota Surakarta tentang pembenihan ikan lele dalam kolam yang terbuat dari terpal. Menurutnya, budidaya ikan lele tidak membutuhkan tempat kolam atau halaman yang luas, dapat memanfaatkan media sederhana termasuk ember dan kolam dari terpal

 “Kolam sebanyak tiga ukuran 2x1 meter untuk menaruh indukan ukuran 2x2 meter untuk tempat pemijahan tempat bertelur dan ukuran 2x3 meter nanti untuk pendederannya. Kami diajari bagaimana indukannya bertelur menetas sampai nanti berkembang menjadi lele dengan ukuran 4 sampa 5 senti dan bisa kita jual sehingga kita mendapat income,” kata Agus kepada RRI di sela-sewla pelatihan, Rabu (23/9/2020 )

Semetara  Kepala bidang peternakan perikanan Dinas pertanian ketahanan pangan dan perikanan kota Surakarta Tri Ananto menjelaskan, Pengembangan pembibitan lele bertujuan meningkatkan angka konsumsi ikan.  Pasalnya di kota Solo yang masih tergolong rendah, prosentasenya baru  sekitar 29,6 sementara di wilayah Jawa tengah mencapai level 40 %.

“ Tujuan pengembangan ini adalah meningkatkan angka konsumsi ikan yang ada di Kota Surakarta. Notabene dalam tingkat Jawa Tengah kita masih di midlde sekitar 29,6 persen itu angka konsumsi ikan di Kota Surakarta,” ungkap Tri Ananto.

Selain bertujuan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan,  dengan pelatihan di tengah pandemi, harapannya petani ikan ini lebih berkembang secara ekonomi. Pelatihan diikuti kelompok petani ikan kandang sapi atau Kansa yang beranggotan puluhan orang. (WIWID)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00