Peringati HUT TNI ke 75, Pangdam IV Diponegoro Ziarah ke Makam Soeharto

KBRN, Surakarta: Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IV Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari berziarah ke makam mantan Presiden Soeharto di kompleks makam Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu 23 sep. Ziarah makam ini merupakan salah satu agenda memperingati HUT TNI ke 75.

Berdasarkan pantauan RRI, Pangdam VI diponeogor  bersama rombongan tiba di kompleks Astana Giribangun sekitar pukul 08.00 WIB.

Turut mendampingi ziarah, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin maimoen, Kapolda Jawa Tengah irjen Pol Ahmad Lutfi, Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Rano Tilaar.

Selain itu , turut hadir anggota forkompimda karanganyar Bupati Karanganyar Juliyatmono, dandim 0727 karanganyar letkol inf iksan agung, kapolers karanganyar AKBP Leganek Mawardi, serta Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo.

Adapun Prosesi ziarah diawali dengan upacara penghormatan secara militer dipimpin Pangdam VI diponegoro di depan cungkup Argosari. Dilanjutkan dengan penyematan karangan bunga di depan pusara makam soeharto.

Kemudian, dilanjutkan berdoa bersama oleh seluruh rombongan di cungkup argosari. Pada akhir ziarah dilakukan pengalungan karangan bunga dan tabur bunga di atas pusara makam Soeharto.

Rangkaian prosesi ziarah Panglima TNI dan rombongan berlangsung sekitar 30 menit. Pangdam diponegoro dan rombongan meninggalkan kompleks Astana Giribangun sekitar pukul 08.45 WIB.

Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IV Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari mengatakan kegiatan ziarah memperingati HUT TNI ini sedikit berbeda di tahun sebelumnya, lantaran, ziarah tidak dipimpin langsung panglima TNI akibat pandemi Covid 19.

"Jadi karena situasi pandemi, ziarah dalam rangka HUT TNI diserahkan kepada pejabat TNI di wilayah masing-masing.

yang di Jawa Timur kepada pangdam di Jawa Timur dan di Jawa Tengah pada pangdam di Jawa Tengah," jelasnya kepada wartawan usai ziarah, Rabu (23/9/20).

Selain itu, Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari menambahkan, ziarah ini untuk memberikan penghormatan setinggi2nya kepada mantan presiden soeharto karena pernah berjasa kepada Negara serta kepada TNI.

"Beliau-beliau ini kan orang berjasa kepada negara, Termasuk juga pada TNI, Kita berikan penghormatan setinggi-tingginya kepada mereka semuanya," katanya.

Sementara itu, Kepala pelaksana Astana Giribangun Sukirno mengatakan, kunjungan Panglima TNI dan rombongan ke makam mantan Presiden Soeharto merupakan rutinitas tahunan dalam menyambut HUT ke-75 TNI.

"Ya kita cuman trimakasih tak terhingga atas doanya kepada bapak dan ibu tin Soeharto, yang secara rutinitas setiap HUT TNI selalu beziarah, sifatnya kan nasional. Itu merupakan penghormatan yang luar biasa," ungkapnya.

Adapun pada akhir kegiatan juga di serahkan cinderamata dari pangdam 4 diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari kepada Kepala pelaksana Astana Giribangun Sukirno .

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00