Satgas Covid Solo: Perlunya Format Baru Siaran RTB Covid-19

Ketua Pelaksana Satuan Tugas Covid-19 Solo Ahyani.
Kepala Satpol-PP Surakarta Arif Darmawan.

KBRN, Surakarta: Peran RRI sebagai Radio Tanggap Bencana (RTB) sangat membantu upaya Pemerintah. Utamanya dalam penanganan dan mempersembahkan informasi dan sosialisasi Covid-19.

Sesuai kebutuhan masyarakat RRI telah memberikan informasi yang akurat dan benar melalui program siaran secara interaktif. Hal itu di sampaikan ketua Gugus Tugas Percepatan Covid 19 kota Surakarta Ir. Ayhani ketika dikonfirmasi RRI, Selasa (8/9/2020).

Dikatakannya, siaran interaktif akan memberikan pengertian langsung ke masyarakat. Karena dengan masyarakat interaktif yang mungkin ada salah informasi dan lain sebagainya bisa mendapatkan penjelasan lebih aktual dan lebih cepat.

"Penyajiannya mungkin perlu ditingkatkan terkait dengan interaksi yang aktual kepada masyarkat. Karena interaktif lebih memberikan pengertian yang langsung, namun juga perlu acaranya dibuat lebih santai dengan membuat slide-slide audio dari tokoh-tokoh masyarakat," beber Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surakarta itu.

Ahyani juga mengatakan untuk memberikan suasana yang tidak monoton, seperti talk show karena perlu di variasi. Perlunya menghadirkan tokoh atau masyarakat melalui realities show audio seperti komika .  

"Kondisi Solo saat ini  kasus penularan covid 19 terjadi tren peningkatan. RRI dalam menyampaikan informasi untuk memberikan penajaman ke masyarakat untuk lebih tertib lebih disipilin protokol kesehatan. Selama ini masyarakat hampir tidak perduli karena merasa sehat," pungkasnya.

Sepaham dengan Ahyani, Kepala Satpol PP Surakarta Arif Darmawan  juga mengatakan pemberitaan RRI memberikan komunikasi dua arah. Dia sering menjadi nara sumber di RRI terkait penanggulangan bencana Covid-19 mengakui program dialog interaktif yang dua arah sangat luar biasa. 

"Kalau pemberitaan sering satu arah, tapi untuk RRI sering kali dialog dalam masalah penanganan Covid-19, itu merupakan memberikan manfaat yang bagus. Kemudian juga tanggapan masyarakat juga demikian jadi keberadaan RRI sebagai radio tanggap bencana apa yang menjadi program pemerintah tersampaikan,” ucapnya.

Ditambahkan Arif Darmawan peran RRI bukan saja menyampaikan program pemerintah juga mendatangkan narsumber yang kompeten dari ahli lingkungan, ahli kesehatan, dari Universitas dan tokoh masaryakat. Sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang tepat dan benar. 

"Untuk ke depan kami berharap segmentasi juga menyasar anak-anak muda karena pada saat melakukan penertiban di tongkrongan lebih banyak anak-anak muda," pintanya. Meja Mulato

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00