Pengguna Sepeda Meningkat, Pemkot Solo Diminta Perbaiki Jalur Khusus Sepeda

koordinator Perkumpulan Pesepeda Ngasem Cycling Club-NCC joko marsono

KBRN, Surakarta: Seiring dengan meningkatnya trend bersepeda bahkan di tengah pandemi sekarang ini membuat jalur lambat atau jalur khusus bagi pesepeda utamanya di rute-rute kota saat ini sangat diperlukan.

Joko Marsono, seorang anggota masyarakat yang hobi bersepeda mengatakan, dengan adanya jalur atau rute khusus bersepeda akan membuat kegiatan atau olah raga bersepeda semakin meningkat.

"Ini tidak menutup kemungkinan untuk menjadi alternatif gaya hidup sekaligus untuk menunjang kegiatan harian dengan bersepeda," tegas Joko kepada RRI, Selasa (8/9/20).

Joko yang juga koordinator Perkumpulan Pesepeda Ngasem Cycling Club-NCC berharap jalur-jalur bersepeda yang sudah ada di Kota Solo agar segera diperbaiki. Selain itu pemanfaatannya banyak berubah menjadi tempat parkir.

”Jalur-jalur bersepeda yang sudah di Kota Solo khususnya itu sebaiknya memang segera diperbaiki dengan pengaspalan atau rambu-rambu yang ada karena selama ini sayang sekali sudah disediakan jalur tapi pemanfaatannya justru beralih menjadi tempat parkir atau tempat lalu lalang kendaraan bermotor,” jelasnya.

Joko Marsono pun berharap kedepan ada penambahan jalur-jalur bersepeda di Kota Solo. 

"kalau memang banyak jalur-jalur khusus bersepeda yang lebih nyaman, kedepan bisa saja banyak yang lebih suka bersepeda," ungkapnya.

Sementara itu menanggapi pemanfaatan lain jalur lambat atau jalur bersepeda untuk parkir diakui Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Surakarta Ari Wibowo. 

"keadaan ini terjadi karena komplexitas di lapangan dimana lahan parkir juga dibutuhkan oleh masyarakat," jelasnya.

Namun, demikian Ari menegaskan pembangunan infrastruktur untuk jalur lambat terus dibangun seperti di Jalan Ir.Sutami dan di Jalan Slamet Riyadi mulai Kleco sampai Kerten.

”Untuk infrastruktur ini banyak sekali yang dibantu dibangun, salah satunya di Jalan Ir.Sutami yang sedang dikerjakan, dan berikutnya sebentar lagi di Jalan Slamet Riyadi mulai dari Kleco sampai dengan Kerten, dari Kementrian Pusat akan membantu perbaikan jalur lambatnya," bebernya.

Lanjut Ari saat ini di Kota Solo terdapat 20 sampai 30 kilometer jalur lambat atau jalur bersepeda yang tersebar di beberapa lokasi seperti di Jalan Slamet Riyadi, Adi Sucipto, Urip Sumoharjo, Ir.Sutami dan Jalan Kolonel Sutarto. (Desk: Arga)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00