Hindari Perceraian, Sebelum Menikah Calon Pengantin di Solo Jalani Konsultasi

Kepala dinas kependudukan dan KB kota Surakarta

KBRN,  Surakarta : Calon pengantin di kota Solo yang akan melangsungkan pernikahan dihimbau menjalani program Konsultasi Bagi Calon Pinanganten ( Sultanikah Capingan ).  Program tersebut merupakan inisiatif  Pemerintah Kota Solo yang akan menjadi role model bagi Kabupaten/ Kota di seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana kota Solo, Purwanti menjelaskan, Tujuan program ini untuk memberikan pembekalan bagi calon pengantin sebelum memasuki gerbang pernikahan. Harapannya dengan pembekalan dari berbagai aspek baik kesehatan, ekonomi dan mental, termasuk persoalan tentang ketahanan dan pembangunan keluarga, akan mewujudkan pernikahan yang harmonis dan  juga bisa menekan angka perceraian.

"Sebelum memasuki gerbang pernikahan, calon pengantin itu kita berikan bekal terkait dengan pembangunan keluarga.  Bagaimana merencanakan keluarga itu nanti kita mulai dari persiapan sebelum pernikahan” jelas Purwanti di ruang kerjanya Selasa (18/8/2020).

Menurutnya , Pelaksanaan Sultanikah Capingan ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam program keluarga Berencana.

Salah seorang calon pengantin di kota Solo Meta berpendapat,  Program ini penting dilakukan.  Sebab dengan menjalani konseling pranikah akan mengetahui karakter masing masing calon pengantin sebelum nantinya hidup bersama dalam sebuah keluarga Sehingga, siap mental dalam menghadapi bahtera rumah tangga.  Jika ada persoalan akan disikapi secara dewasa.

“Mempersiapkan diri masing masing, mengenal karakter dulu dan harus mengenal calon suamiku sebelum nantinya hidup bersama. Karena kan di kehidupan pernikahan ada banyak gesekan makanya gimana caranya secara dewasa menghadapi itu, menyikapi itu supaya tidak secara emosi saja,” tutur Meta.  

Program Sultanikah Capingan sudah diluncurkan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo tanggal 17 Agustus 2020  lalu di Pendapi Gedhe Balaikota, usai Upacara Peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI.  ( Wiwid Widha)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00