Walikota Rudi Ajak Pramuka Cegah Gerakan Intoleransi

Upacara hari pramuka di halaman balaikota surakarta

KBRN, Surakarta :  Momentum Hari Pramuka ke 59 tingkat Kota Surakarta diperingati dengan Upacara di Balaikota, Jumat ( 14/8/2020 ) dengan peserta terbatas. Kegiatan di tengah pandemi Covid-19 tersebut digelar dengan  cara sederhana namun khidmad meski tanpa pengibaran bendera. Protokol kesehatan diterapkan dengan cek suhu bagi peserta,  harus memakai masker dan jaga jarak.

 

Peringatan Hari Pramuka tersebut juga diwarnai penganugerahan tanda penghargaan kepada 8 anggota pramuka Kota Surakarta, antara lain:  Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo yang mendapatkan lencana melati dan penghargaan lencana teladan kepada Advent Fajar Indrajaya.

 

Selaku pembina Upacara Walikota Surakarta Fx Hadi Rudyatmo mengajak masyarakat untuk mencegah gerakan in-toleransi.  Menurutnya sesuai dengan UUD 1945 dan dasar negara Pancasila,  siapapun harus  dihormati tanpa memandang asal, suku dan agamanya. Khususnya bagi anggota Pramuka sikap hormat sesuai dengan Dasa Darma.

 

“Saat ini Solo baru dilanda dengan gerakan gerakan intoleransi saya mencermati Dasa Darma yang tadi disampaikan nampaknya menunjukkan kasih sayang kepada sesama. Marilah gerakan pramuka hari ini kita awali dengan menunjukkan bahwa kita ini adalah bangsa indonesia yang saling menghargai dan menghormati sesama, “ kata Rudi dalam sambutannya.

 

Menanggapi upacara ditengah pandemi yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, salah seorang peserta Angelika Anvi dari SMA 5 Surakarta merasakan makna yang lebih mendalam.

 

 “Upacara kali ini pesertanya lebih sedikit dan sosial distancingnya lebih mengena gitu tidak seperti tahun tahun kemarin. Tahun kemarin kan di stadion  Sriwedari sekarang di Balaikota suasananya lebih beda lebih tenang ini daripada kemarin,” kata Angelika. ( Wiwid Widha )

 

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00