Peringati Hari Kemerdekaan Ke 75, Warga Debegan Ajak Anak-Anak Gambar Mural

Anak anak warga kampung Debegan, Mojosongo, Solo asik menggambar mural

KBRN, Surakarta: Tidak ada hingar bingar lomba balap karung, atau lomba makan krupuk sampai dengan lomba panjat pinang, karena memang masih dalam situasi pandemi, dan pengumpulan orang dalam jumlah banyak memang masih dilarang untuk memutus rantai penyebaran Covid 19. 

Namun, kemeriahan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 75 di Perum Villa Bukit Cemara, Debegan, Mojosongo tidak serta merta lantas sepi senyap.

Panitia 17-san Kampung bekerja sama dengan alumni seniman-seniman ISI Surakarta menggelar lukis dan mewarnai Mural untuk anak-anak usia SD sampai SMP.

Beberapa anak mulai memasang payung di suatu bangku untuk melindungi dirinya dari panas matahari karena memang kegiatan mewarnai Mural ini dilakukan sejak pagi sampai siang hari.

Namun, tidak sedikitpun keluh kesah di mulut mereka, karena anak-anak tersebut memang lebih menikmati kegiatan mewarnai mereka daripada panas yang mulai menyengat saat itu.

Koordinator Seniman Miftakur Rahman, Mewarnai Mural yang telah di gambar sketsa dengan tema anak-anak oleh para alumnus seniman ISI tersebut memang tidak dilombakan. Namun, sebagai kegiatan untuk menghindarkan kebosanan anak-anak yang saat ini masih belajar dengan daring.

”Untuk mengatasi kejenuhan anak-anak selama masa pandemi corona, karena kasihan juga ketika harus berhadapan dengan Handphone terus, ga baik juga, padahal mereka juga butuh kegiatan kreatifitas,” jelas Miftakur Rahma kepada RRI, Senin (10/8/20). 

Salah seorang peserta mewarnai Mural, Nazla Anastasia yang juga siswa SMP Negri 7 Solo menuturkan kalau mewarnai atau melukis Mural ternyata lebih sulit daripada melukis di kertas. Namun hal ini tidak menyurutkan semangatnya dan teman-temannya satu kampung.

”Faktanya lebih susah melukis di dinding daripada di kertas gambar yang biasanya dilakukan oleh anak-anak SD, tapi tidak menyurutkan semangat yang dipunyai oleh anak-anak peserta," ungkapnya.

Kegiatan mewarnai Mural tidak harus selesai sampai pada saat pelaksanaan hari Minggu lalu, namun anak-anak masih diberi kesempatan untuk melanjutkan mempercantik hasil karya mereka sampai nanti bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus mendatang. (Desk: Arga)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00