Sambut HUT RI 75, RRI Surakarta Gelar Lomba Anak Bercerita Dengan Harapan

KBRN, Surakarta: Menyambut HUT RI ke 75, LPP RRI Surakarta menggelar lomba Anak Bercerita dengan Harapan, bagi siswa siswi tingkat SD Se-Karisidenan Surakarta.

Lomba yang dilaksanakan serentak di seluruh Stasiun LPP RRI se-Indonesia itu, mengajak anak-anak untuk mengekspresikan pengalaman kehidupan sehari-hari yang berubah selama pandemi covid 19.

Kepala LPP RRI Surakarta Sjahbahna Bahdar menjelaskan, lomba anak bercerita dengan harapan itu merupakan wadah yang diberikan RRI untuk menampung kreatifitas anak dalam berekspresi melalui sebuah cerita dalam bentuk suara.

Menurutnya, dengan bercerita melalui audio ini bisa mengembangkan kecerdasan emosional anak lantaran memancing anak untuk belajar dan berkreasi secara berimbang.

"Untuk memberdayakan anak anak SD yang saat ini tertimpa ekses dari pandemi covid 19, selain belajar dirumah mereka juga mampu mengembangkan kreativitasnya, kebetulan RRI salah satu lembaga penyiaran publik yang memungkinkan mewadahi itu, setidaknya anak SD secara emosional akan berimbang, dia bisa belajar dan membangun keratitifas," ungkap Sjahbahna Bahdar, Senin (10/8/20).

Bana, sapaan akrabnya mengungkapkan, melalui lomba tersebut diharapkan dapat mengasah kreatifitas anak meski masih dalam masa pandemi Covid 19. Disamping itu, juga membangkitkan semangat orang tua dan para guru untuk aktif kembali membimbing anak-anaknya dalam berkreasi.

"Ini momentum, sebisa mungkin dari sekolah maupun orang tua, membangkitkan semangat anak-anak kembali berkreatifitas melalui ikut lomba ini," jelasnya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana lomba Purwanto mengatakan, lomba kali ini akan melibatkan siswa siswi tingkat SD se-Karisidenan Surakata dari kelas 3 hingga 6.

Nantinya, Lanjut Purwanto yang juga menjabat Kasubsi Perencanaan dan Evaluasi program itu mengatakan akan diambil 100 peserta dalam proses pendaftaran awal yang diseleksi langsung oleh panitia, kemudian dari 100 peserta itu akan diseleksi menjadi 10 besar berdasarkan penilaian juri.

"Dari 10 besar akan diambil juara 3 besar sebagai pemenang terbaik lomba anak bercerita dengan harapan, dan bagi juara 1 akan mewakili RRI Surakarta untuk maju ke tingkat Nasional," jelasnya.

Adapun, syarat dan ketentuan bagi peserta lomba diantaranya cerita yang diajukan lomba harus karya murni dari pengalaman, perasaan dan harapan peserta yang dikemas dalam format MP3 dengan durasi 5 menit.

Peserta harus melampirkan naskah bebas dengan fornt arial berukuran huruf 12 menggunakan spasi 1, 1/2. Disamping itu peserta juga wajib melampirkan surat keterangan dari sekolah masing masing.

Seluruh dokumen dan audio persyaratan lomba dikirim ke email anakkreatifsolo@gmail.com dengan disertakan nomor Handphone peserta. Untuk batas waktu pengiriman paling lambat 18 agustus 2020. (Desk: Arga)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00