Perjalanan Pramek Mulai Normal, Pahami Aturanya Sebelum Naik

KBRN,Surakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta mulai mengoperasionalkan seluruh perjalanan kereta api Prameks sesuai Grafik Perjalanan KA Gapeka 2019. Perjalanan kereta jarak dekat ini dimulai Senin 29 Juni 2020.

Manager  Humas Daop 6 Yogyakarta  Eko Budiyanto mengatakan operasional KA Prameks telah normal dengan 21 perjalanan dari Stasiun Solo Balapan-Yogyakarta hingga Kutoarjo maupun sebaliknya. Lanjut Eko, pengoperasian seluruh perjalanan Kereta Prameks dimaksudkan agar masyarakat lebih aman dan nyaman.

“Masyarakat yang menggunakan KA Pramek kini jadwal perjalanan yang lebih beragam. Setelah sebelumnya mengalami pembatalan sebagian perjalanan karena covid,” beber Eko Budiyanto, Selasa (30/6/2020).

Ada sejumlah aturan yang wajib dipahami calon penumpang sebelum naik kereta tersebut. Menurut Eko, setiap orang yang melaksanakan perjalanan tetap wajib menerapkan protokol kesehatan. Meliputi mengenakan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan.

“Juga sebelum masuk stasiun setiap penumpag dipastikan kondisi suhu tubuhnya tidak lebih dari 37,3 derajat celsius. Selain itu juga wajib mengenakan pakaian lengan panjang,” tandasnya.

Dikatakan Eko, kendatipun sudah mengakomodir kebutuhan transportasi di tatanan kehidupan baru, saat ini PT KAI masih menerapkan pembatasanan penjualan tiket maksimal 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Selama masa pandemi covid 19 perjalanan kereta api Prameks sempat dikurangi menjadi 8 perjalanan dalam sehari dengan tujuan Solo-Yogyakarta. Namun menjelang pertengahan Juni ditambah 6 perjalanan perhari dengan tujuan Solo-Kutoarjo. Kini perjalanan Prameks sesuai jadwal awal sebelum pandemi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00