Belajar Toleransi Sejak Dini, Pelajar SD Kepatihan Kunjungi Klenteng Tien Kok Sie Solo

KBRN Surakarta: Ada pemandangan berbeda di Klenteng Tien Kok Sie Rabu (22/1/2020). Puluhan anak berseragam merah putih mengunjungi salah satu tempat ibadah tertua di selatan Pasar Gede Solo itu. 

Mereka adalah Siswa klas 5 SD Negeri Kepatihan No 4 Solo. Nampak sejumlah siswi yang berhijab masuk ke dalam klenteng Tian Kok Sie untuk kegiatan Outing Class.

Puluhan siswa tersebut datang ke klenteng didampingi dua orang guru. Siswa-siswi terlihat menyimak penjelasan yang diberikan salah seorang pengelola Klenteng mengenai sejarah dan tata cara beribadah umat Tri Darma itu.

Mereka juga harus sabar menjawab banyak pertanyaan dari pelajar mengenai benda benda dan upacara agama. Salah satu Siswa bernama Devina Adi Nurhaliza, dia mengunjungi kelenteng berusia 300 tahun ini baru pertama kalinya.

Ia mengaku sangat senang karena Selain mendapat pengetahuan mengenai beribadah siswa juga diajak berkeliling kelenteng. Devina  mendepatkan pengetahuan tentang Dewa, Nabi, dan Sio yang dianut pengikut Tri Dharma.

"Saya berkunjung ke klenteng baru pertama kali dan sangat puas karena diterangkan oleh ibu Purwani tentang, nabi dan Sio, patung patung Dewa. Dan diceritakan tentang 12 hewan suciseperti tikus, babi, panda dan lainya," ungkapnya.

Sementara dalam kesempatan itu Guru SDN Kepatihan Nomor 4 Solo, Tatik Rahmawati mengungkapkan, kegiatan outing class di Klenteng Tian Kok Sie dilakukan setiap tahun terutama bagi Siswa klas 5. Ditambahkan tatik kegiatan ini dimaksudkan untuk pembelajaran tentang wawasan budaya indonesia seseuai materi klas 5 tentang keberagaman di Indonesia.

"Setelah mendapatkan pengetahuan tentang Klenteng Tien Kok Sie siswa diberi tugas membuat karya berupa karangan," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00