Relawan Sungai Gelar Upacara & Bentangkan Bendera Raksasa di Bendung Tirtonadi

KBRN,Surakarta: Sejumlah sukarelawan Sungai Kota Solo yang tergabung dalam Korps Relawan Peduli Sungai Solo Raya (KARSA) menggelar upacara memperingati HUT RI di Bendung Tirtonadi, Solo, Rabu (18/08/2022). Tak hanya upacara, mereka juga membentangkan bendera super besar di anak sungai Bengawan Solo itu.

Bendera merah putih raksasa yang dibentangkan berukuran 8 meter x 12 meter. Upacara tersebut digelar di sungai Pepe, sehingga seluruh peserta yang mengikuti upacara dari atas perahu kano.

Peserta upacara juga membentuk angka ‘77’ dengan kano yang mereka naiki, saat detik-detik proklamasi.

Inspektur upacara, Sugeng Riyanto, menyampaikan jika kegiatan ini menjadi bentuk kampanye peduli sungai. Pria yang juga wakil rakyat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengajak semua elemen peduli terhadap kondisi sungai. Menurutnya saat ini banyak pencemaran yang mengkhawatirkan ekosistem.

“Sungai kita saat ini tidak sedang baik-baik saja. Hampir semua sungai tercemar,” terang Wakil Ketua DPRD Kota Solo itu.

Untuk menyempurnakan kemerdekaan, lanjut Sugeng, harus ada semangat untuk membuat sungai kembali bersih. 

Koordinator acara, Sabar Gorky mengatakan, upacara unik itu digelar dengan maksud mengajak masyarakat mencintai sungai.

“Sungai ini dibuat menjadi halaman depan rumah, bukan halaman belakang yang dahulu jadi tempat membuang sampah,” jelasnya. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar