DWP UNS Gelar Khitanan Massal Diikuti 110 Peserta

DWP UNS Gelar Khitanan Massal Diikuti 110 Peserta.

KBRN, Surakarta: Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNS menggelar Khitanan Massal. Khitanan Massal ini digelar di Rumah Sakit (RS) UNS, Minggu (26/6/2022).

Hadir dalam acara tersebut yaitu Rektor UNS, Jamal Wiwoho, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Ahmad Yunus, Wakil Rektor Umum dan SDM, Bandi, Wakil Rektor Riset dan Inovasi, Kuncoro Diharjo, Wakil Rektor Perencanaan Kerjasama Bisnis dan Informasi, Sajidan, Ketua Dies Natalis ke-46 UNS, Reviono, dekan, direktur di lingkungan kampus UNS serta pengurus dan anggota DWP UNS.

Ketua Panitia Khitanan Massal DWP UNS, Indriyani Sapta Kunta Purnama mengatakan Khitanan Massal merupakan agenda rutin dari DWP UNS. Namun karena pandemi Covid-19, selama dua tahun DWP UNS tidak menggelar Khitanan Massal.

"Karena ini sudah ada kelonggaran, maka kami memulai kembali untuk menggelar Khitanan Massal. Tentunya dengan semangat pengabdian dan rasa kepedulian kami untuk masyarakat Solo dan sekitarnya. Dan kami juga menggandeng panitia Dies Natalis ke-46 UNS dan RS UNS," terang Indriyani yang juga sebagai Ketua DWP UP Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS.

Dalam Khitanan Massal ini, sebanyak 147 pendaftar yang melakukan registrasi. Namun hanya 110 pendaftar yang berhasil lolos memenuhi kriteria. Peserta khitan berasal dari berbagai wilayah di antaranya Sukoharjo, Surakarta, Karanganyar dan Boyolali. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk tahun ini peserta khitan usianya dibatasi minimal 10 tahun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Sebelum dikhitan, peserta khitan di test swab terlebih dahulu. Untuk penanganan khitan dengan metode laser dan ditangani oleh  dokter-dokter spesialis," imbuh Indriyani.

Sementara itu, Ketua DWP UNS, Budhi Widjajanti Jamal Wiwoho mengucapkan terima kasih kepada Rektor UNS beserta jajaran dan semua pihak yang telah mendukung acara Khitanan Massal ini. "Terima kasih juga kepada Direktur RS UNS beserta jajaran yang telah menyiapkan tempat untuk pelaksanaan Khitanan Massal ini," terang Budhi.

Sedangkan Ketua Dies Natalis ke-46 UNS, Reviono mengatakan bahwa Khitanan Massal ini merupakan kegiatan kemanusiaan. "Alhamdulillah peserta banyak, sehingga kegiatan ini memang dinanti-nantikan masyarakat," ujar Reviono.

Kemudian Rektor UNS, Jamal Wiwoho sebelum membuka kegiatan Khitanan Massal mengucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan UNS yang hadir. Bahkan dalam kesempatan tersebut, Istri dari Rektor Universitas Diponegoro (Undip) juga turut hadir.

"Saya sangat mengapresiasi niat tulus DWP UNS yang rutin menggelar kegiatan ini. Terima kasih kepada para donatur dan alumni UNS yg sudah membantu. Khitanan Massal ini kegiatan mulia, semoga anak-anak yang dikhitan menjadi anak yang sholeh, aamiin," ujar Jamal.

Salah satu peserta khitan Nalbandian Arfian yang berasal dari Jebres, Surakarta mengaku senang dapat ikut khitan. "Kegiatan ini sangat membantu kami, apalagi waktu pelaksanaan saat liburan sekolah. Saya sebagai orang tuanya mengucapkan banyak terima kasih kepada UNS yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.  Semoga kedepannya bisa terselenggara lagi," ujar orang tua Nalbandian Arfian.

Sedangkan salah satu peserta tertua dalam Khitanan Massal DWP UNS yaitu Denni Agus Suryanto berusia 47 tahun. Denni mengaku bersyukur mendapat kesempatan untuk melakukan khitan. "Alhamdulillah saya bisa ikut khitan. Terima kasih kepada UNS sudah menggelar kegiatan ini. Semoga kedepan acara seperti ini digelar lagi supaya bisa membantu masyarakat yang ingin khitan," ujar Denni warga Banyuanyar, Surakarta.  (Ase)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar