Pernikahan Adik Jokowi dengan Ketua MK Usung Konsep Jawa Klasik, Persiapan Hampir 100 Persen

Suasana dekorasi dalam gedung Graha Sabha Buana Solo yang menjadi lokasi pernikahan Adik Presiden Jokowi dan Ketua MK Anwar Usman.

KBRN, Surakarta: Pernikahan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) dengan adik Jokowi akan digelar kamis (26/5/2022) besok. Dalam pernikahan keduanya, akan mengangkat konsep pernikahan jawa klasik. 

Dekorasi yang dipercaya merupakan langganan dari keluarga Jokowi yakni asmoro dekorasi.

Perwakilan keluarga Hariyanto mengatakan pada H-1 persiapan sudah hampir 100 persen. Menurutnya hari ini jadwalnya adalah gladi bersih akad nikah dan kedatangan tamu VIP. 

"Gedung sudah 95 persen mendekati 100 persen. Jonggolan hari ini tepatnya jam berapa belum tahu," kata Pria yang akrab disapa Pakde Antok, Rabu (25/4/2022).

Sedangkan Pemilik Asmoro Dekorasi, Ranu Asmoro menyampaikan, konsep pernikahan Jawa klasik yang sarat nilai budaya adiluhung, sebagai sebuah ibadah batin manusia. Selain itu, kata dia, konsep jawa klasik merupakan solusi berbagai permasalahan artistik. 

"Konsep ini mengharmonikan kekayaan budaya yang adiluhung dari berbagai daerah menjadi satu kekayaan budaya Nusantara yang penuh nilai filosofis," jelasnya.

Dirinya mengatakan, dekorasi panggung berbentuk rumah limasan. Dimana identik dengan jawa tengah. Selain itu juga akan ada gunungan dan wayangan. "Wayangan ada didepan pintu masuk," tuturnya.

Wayangannya bergambar kamajaya dan kamaratih yang bersimbol keabadian dan kesetiaan.  "Kenapa enggak Arjuna, ya karena Arjuna nikahnya berulang kali," terangnya. 

Dirinya mengungkapkan, untuk persiapan dekorasi tinggal melakukan set-up di Graha Saba Buana.  "Kita sudah mulai memasukkan untuk set-up," ungkapnya. 

Ranu mengungkapkan, untuk prosesi pernikahan adik Jokowi tidak ada midodareni hanya akad nikah dan resepsi. "Enggak ada midodareni, tapi nanti adat yang sakral ada saat acara," ungkapnya. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar