Kontes Bonsai Hari Jadi Sragen ke 276, Ada Yang Harganya 1,3 Miliar

Bonsai Super milik pembudidaya Handoyo dari Sragen.

KBRN Sragen: Ajang pameran dan kontes bonsai bertajuk Wonderful Bonsai Sukowati 2022 di Sragen dimeriahkan ratusan tanaman kerdil nan unik dari berbagai jenis. Bonsai-bonsai itu unjuk keistimewaan dalam ajang pameran yang digelar dalam rangka HUT ke-276 Kabupaten Sragen. 

Dari sekitar 600 bonsai yang akan dipamerkan, beberapa bonsai diketahui memiliki banderol harga nan mencengangkan. Salah satunya bonsai kombinasi dua jenis pohon milik salah satu pakar bonsai asal Sragen Kota, Handoyo yang harganya menyentuh Rp 1 miliar. 

Pemilik bonsai seharga Jeep Rubicon Handoyo, mengaku memang senang dengan mobil jip asal Amerika Serikat. Sehingga terbesit harapan bonsai ficus atau beringin miliknya bisa ditukar dengan Rubicon. 

Bonsai milik warga yang tinggal di Jl. HOS Cokroaminoto, Sragen, ini memang istimewa. Diameternya sampai 90 cm, lingkar batang 30 cm, dan tinggi 170 cm. Itu merupakan bonsai paling besar di kebunnya. Handoyo bercerita tentang bonsai jumbo itu.

“Kalau bisa ya [bonsai ini] ditukar dengan Rubicon. Ini harapan loh ya. Kalau ada yang mau. Jadi harga Rp 1,3 miliar itu kan harapan," kata Handoyo Jumat (13/5/2022).

Handoyo yang merupakan pembudi daya bonsai kemudian memindahkan tanaman bonsai itu naik ke pot besar pada 6 Februari 2019. Dia mengatakan bonsai itu di kebunnya sudah 12 tahun. Dia tidak tahu berapa lama umurnya saat di alamnya sana. 

Handoyo mengungkapkan kalau ada yang mau beli diperbolehkan. Ia siap nego harga. Menjadi petani budidaya bonsai sudah dilakoni Handoyo selama 13 tahun. Ia kini memiliki 36 batang bonsai berukuran besar-besar di kebun seluas 450 meter persegi.

"Dulu saya tidak tahu asalnya, tetapi saya beli Rp15 juta dari Karanganyar. Waktu itu dangkelan sudah barang langka. Kemudian batangnya saya sambung dengan ficus elegant yang berasal dari Taiwan,” katanya.

Pria paruh baya itu membudidayakan bonsai berukuran besar karena bisa laku mahal. Rata-rata ukuran diameter bonsai milik Handoyo 60 cm tetapi ada yang berukuran 30 cm dan 70 cm. 

Bonsai-bonsai itu banyak yang beringin dan cemara udang. Dalam pembudidayaan bonsai itu, Handoyo bukan lagi membesarkan batang tetapi membuat tampilan bonsai lebih proporsional.

Ada bonsai beringin berukuran diameter 70 cm dan tinggi 150 cm tetapi mau saya matangkan dulu karena masih bisa meningkat. Saya itu bukan kolektor tetapi petani budi daya bonsai. MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar