FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Eks Rumah Kakorlantas Djoko Susilo Disulap Pemkot Solo Jadi Isoter Khusus Anak

Foto ilustrasi, seorang relawan tengah membersihkan tempat isolasi terpusat yang sedang kosong di Kota Solo.

KBRN, Surakarta: Pemkot Surakarta menyiapkan tempat isolasi terpusat (Isoter) khusus untuk anak-anak. Penyiapan Isoter ini menyusul meningkatnya kasus anak terpapar Covid-19 dari kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM).

Informasi yang dihimpun RRI, Isoter tersebut akan dilengkapi dengan fasilitas ramah anak. Bangunan super mewah bekas rumah pejabat akan dialihfungsikan sementara untuk perawatan anak-anak. 

Bangunan itu adalah nDalem Priyosuhartan yang berada di jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 70 Laweyan Solo. Lokasinya sekitar 100 meter utara Pasar Kabangan. Bangunan itu dulunya milik mantan Kakorlantas Djoko Susilo, sebelum akhirnya disita KPK dan dihibahkan ke Pemkot Surakarta.

"Teknisnya sama dengan Isoter yang lain, tapi ini lebih fokus ke anak anak," ungkap Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka saat dijumpai di Rumah Dinas Loji Gandrung, Kamis (28/10/2021).

Walikota mengatakan, selama menjalani isolasi anak-anak tidak akan didampingi orang tua. Namun ada pengawasan 24 jam dari tim Satgas Covid-19. Termasuk disediakan fasilitas ramah anak.

"Isoter ya gak ada pendampingan yang diisolasi hanya yang sakit saja. Fasilitas lebih ramah anak. Kita lebih manusiawi," ujar Putra Sulung Presiden Jokowi itu.

Di dalam bangunan mewah tersebut disediakan 41 bed untuk anak-anak yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sementara untuk pasien dewasa isolasi terpusat masih di Asrama Haji Donohudan Boyolali. Gedung Priyosuhartan ini sebelumnya juga digunakan untuk tempat singgah tenaga kesehatan (Nakes).

"Makanya kita kasih tempat bagus rumah mewah. Ini sedang disiapkan 41 bad Kalau gak salah," pungkas Gibran.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00