Tekuni Usaha Bonsai Kelapa, Dimas Hafit Berhasil Raup Untung Jutaan Rupiah

KBRN, Karanganyar: Bagi sebagian orang, tunas kelapa hanyalah bakal pohon yang memiliki sedikit manfaat. Butuh masa yang cukup lama agar bisa menjadi sebuah pohon yang kemudian dimanfaatkan buah maupun batangnya.

Namun ditangan kreatif Dimas Hafid Karyono warga Kadipiro, Kelurahan Bejen, Kabupaten Karangnyar, tunas kelapa bisa disulap menjadi sebuah bakal pohon bonsai kelapa.

Bertempat di Galeri bonsai asem grendel di jalan raya Solo-Tawangmangu kelurahan Popongan, Karanganyar, Dimas Hafid memajang berbagai macam hasil karya bonsai kelapanya.

Mulai dari kreasi bonsai kelapa minimalis hingga berpadukan bermacam pot bunga unik.

Dimas Hafid mengaku, merintis usaha bonsai kelapa ini sudah hampir 2 tahun lamanya. berawal dari belajar melalui youtube maupun media sosial, dimas bereksperimen membuat bonsai dari tunas kelapa.

"Ya pas awal pandemi itu iseng-iseng belajar. saya ambil dari youtube facebook, belajar otodidak," ungkapnya kepada RRI, Selasa (28/9/21).

Bukan tanpa kendala, berbagai kegagalan kerap dirasakan dimas saat berkreasi membuat bonsai kelapa. Diakui dimas butuh kesabaran dan ketekunan untuk menumbuhkan tunas kelapa yang cantik agar menjadi sebuah bonsai.

"Untuk bisa jadi cantik itu, butuh waktu sekitar 4 bulan perawatan, itu baru bisa dibentuk bonsai," katanya.

Dimas mengatakan, dalam proses pembuatan bonsai kelapa hanya dibutuhkan teknik sayat yang tepat serta eksistensi penyiraman air untuk tunas kelapa.

"Bonsai ini harus tekun siram air sama sayat tunas, ini yang bikin menarik dari bonsai kambium. Sebenarnya masih banyak kreasi lain yang bisa dipadukan dengan bonsai kelapa, seperti menggunakan media tanam air ataupun teknik lainnya," bebernya.

Dimas mengatakan, usaha bonsai kelapa masih sangat besar potensinya untuk dikembangkan di Karanganyar. selain pengrajin maupun pembibit tunas kelapa masih minim, pangsa pasar di wilayah karanganyar maupun solo raya masih cukup luas.

"Masih potensi sekali, ini masih sedikit pengrajinnya, saya selama 2 tahun di dunia bonsai kelapa, sudah menjual ke berbagai kota, yang luar pulau jawa juga ada, seperti lombok, sumatra, maupun kalimantan," jelasnya.

Untuk harga bonsai kelapa yang Dimas bandrol memiliki banyak variasi, untuk bibit tunas bakal bonasi kelapa dibandrol dari harga 10 ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung jenis tunas.

"Untuk bonsai kelapa yang sudah cantik,harganya dari harga 100 ribu hingga jutaan rupiah," imbuhnya.

Kini, selain memanfaatkan media sosial untuk memasarkan kreasi bonsainya, dimas juga membuka galeri bonsai untuk menarik para pembeli. tak hanya itu,  Dirinya juga menerima pesanan melalui aplikasi pesan singkat whatsapp di nomer 0857-5535-3532.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00