FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

Belajar Ecoprint Sambil Berdonasi untuk Solo Zoo

Pelatihan Ecoprint Lion

KBRN, Surakarta : Belajar tentang Environment atau sadar lingkungan namun dengan aksi nyata dilakukan Lion’s Club Solo Mustika (LCSM ) melalui workshop Ecoprint yakni teknik memberikan pola pada kain dengan menggunakan bahan alami yang ramah lingkungan. 

Menariknya kegiatan tersebut digelar tidak pada suatu ruangan tertutup, melainkan di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ ) di tengah suasana alam terbuka dengan pepohonan rindang yang tak jauh dari lokasi kebun binatang.

Menurut Presiden LCSM Ida Jasinta, kegiatan tersebut bisa memberikan manfaat secara ekonomi produktif bagi peserta yang cocok dikembangkan pada masa pandemi. Selain itu karena kegiatan ini memungkinkan digelar di luar, dan mengetahui kondisi TSTJ atau Solo Zoo terdampak pada masa PPKM, maka sekaligus juga untuk berdonasi bagi hewan-hewan

“Kita tahu bahwa di Solo Zoo ini hewan-hewan satwa lagi kekurangan makan karena PPKM, , maka kita belajarnya di luar sekaligus berdonasi. Jadi kita menyayangi tumbuh-tumbuhan dengan memanfaatkan daun-daunan yang kita bikin jadi fashion tapi juga berdonasi untuk satwa-satwa di Jurug, “ungkap Ida kepada RRI di sela-sela kegiatan, Minggu (20/9/2021 )

Sementara Project Officer Atik Puji Lestari menjelaskan kegiatan tersebut diikuti sekitar 30 peserta baik dari Lion Club maupun pihak luar dengan mendatangkan intruktur dari InaLu Yogjakarta. Dipilih ecoprint karena sesuai dengan konsep sadar lingkungan dan teknik pengerjaannya pun tak terlalu sulit. Peserta yang ikut sekaligus juga menjadi donatur untuk Taman Jurug Solo Zoo.

“Jadi gini kita paketan, setiap yang mengikuti workshop secara langsug sudah menyumbangkan 100 ribu untuk donasi ke Jurug, selain dari hasil penjualan dan donasi langsung," jelas Atik.

Melalui kegiatan Lion’s Club Solo Mustika tersebut terkumpul donasi sebesar 7 juta 500 ribu rupiah yang diberikan kepada pengelola TSTJ, agar bisa digunakan untuk membeli pakan satwa koleksi Solo Zoo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00