Gelas Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital, Kemkominfo Ajak Milenial Sebagai Guru Literasi Digital

“Milenial Sebagai Guru Literasi Digital” menjadi topik hangat yang dibahas dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (Rabu, 16/06/2021), yang diselenggarakan Kementerian Kominfo bersama Siber Kreasi.

Pembangunan kesadaran budaya digital sebagai nilai rujukan dan aturan tentang hubungan antar pengguna agar dapat mendatangkan manfaat bagi semua pihak perlu dilakukan sejak dini.

Salah satu narasumber webinar, Zul Ashary dari Kaizen Room mengungkapkan, dalam menggunakan media internet harus lebih hati-hati. Ini karena banyak kejahatan siber yang muncul di dunia maya.

"Yang menjadi perhatian adalah setelah terhubung ke internet, apa yang temen-temen sekalian harus perhatikan dengan baik." jelas Zul

Sehingga Zul menghimbau agar tidak mengirimkan informasi yang bersifat pribadi dan sensitif di internet melalui jaringan publik.

“Yaitu adalah jangan pernah mengirimkan informasi pribadi, informasi sensitif temen-temen sekalian melalui jaringan public.” himbaunya.

Sementara narasumber lain, Andika Rendra Pribadi, yang juga merupakan relawan komunitas MAFINDO mengatakan perlu adanya antisipasi kejahatan siber. Ini dilakukan dengan membatasi dalam berbagi informasi yang bersifat data pribadi dan tidak mudah tertipu dengan informasi yang ada di internet.

“Cerdas berinternet, bagaimana kita hati-hati dalam berbagi tentang informasi apa saja yang kita bagi di internet. Kita harus berhati-hati mengantisipasi tindak atau modus penipuan yang ada di internet.” jelas Andika

Webinar literasi digital dipandu Zacky Ahmad dengan narasumber Andika Rendra Pribadi dan Zulchaidir Ashari dari Kaizen Room, Sholahuddin Nur Azmy CEO Pasar Desa, Dr. Anis Masduqi Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Bella Ashari host TV nasional.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00