Terkumpul 98 Juta, Pemkot Solo Gandeng Baznas Salurkan Zakat

KBRN, Surakarta: Pembagian zakat kerja sama pemerintah Kota Surakarta bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) secara simbolis dilakukan Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa kepada perwakilan warga di lima kecamatan, pesantren, petugas kebersihan, dan Tenaga Kerja dengan Perjanjian Kontrak (TKPK) di Bale Tawang Arum. 

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa mengatakan total uang zakat yang terkumpul dari Aparatur Sipil Negara (ASN) lebih dari 98 juta rupiah.

“Dan terima kasih sudah menyisihkan dengan nilai 98 juta sekian ratus ribu rupiah dan nanti biar disalurkan sesuai tadi yang diarahkan pak kesra, atau yang sudah dikeluarkan itu mari kita jalankan bersama-sama.” Ungkap Teguh Ptakosa (Kamis, 06/05/2021).

Teguh menambahkan diharapkan zakat yang dibagikan dapat mempercepat pemulihan ekonomi dan mengentaskan masyarakat dari kemiskinan. 

“Agar percepatan pemulihan masyarakat yang di garis kemiskinan ini segera kita entaskan, tidak hanya diberi, tapi juga bisa kegiatan-kegiatan pelatihan dan sebagainya.” Pungkasnya.

Sementara Kepala Bagian Kesra Setda Kota Surakarta, Danang Syarif Budianto mengatakan pembagian zakat fitrah diharapkan langsung diberikan di masing-masing kecamatan dan kelurahan supaya langsung diberikan pada penerima.

“Selanjutnya beras zakat akan diberikan kepada masyarakat yang berhak menerima melalui masing-masing kecamatan. Jadi ini nanti tidak dikumpul di balai kota, nanti lewat dengan pak camat ataupun pak lurah bu lurah di tingkat kelurahan. Akan didistribusikan langsung ke yang berhak menerima” tuturnya.

Zakat yang dibagikan tersebut dikumpulkan mulai 15 April hingga 3 Mei 2021 sebesar 98 juta 941 ribu rupiah dan dibelikan beras sebanyak 8 ton 245 kilo gram. 

Sementara zakat yang terkumpul pada tahun ini mengalami peningkatan, dari tahun sebelumnya sekitar 69 juta 710 ribu rupiah, sekarang naik sebanyak 98 juta 941 ribu rupiah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00