Manfaatkan Waktu Senggang Tunggu Order Bang Ojol Solo Belajar Ngaji

Bang Ojol Solo memanfaatkan waktu luang untuk belajar mengaji.

KBRN, Surakarta: Disaat waktu luang, sembari menungu order pelanggan puluhan pengemudi Ojek Online (Ojol) Solo belajar tahfidz dan Iqro. Kegiatan yang berlangsung di Rumah Yayasan Dompet Tahfidz Indonesia, Banyanyar, Banjarsari ini untuk mengisi waktu longgar di Bulan Ramadhan.

Pantauan RRI, begitu indah lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an dari Rumah Yayasan Dompet Tahfidz Indonesia, Banyanyar. Tidak menyangka puluhan tukang Ojol pandai mengaji.

"Karena bulan Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan dan barokah dengan memanfaatkan waktu luang sambil menunggu penumpang untuk belajar Al-Qur'an," ujar Siswanto Tukang Ojek Online sebagai peserta mengaji, Jumat (16/4/2021).

Dia menceritakan, awal mula mengetahui ada bang Ojol belajar mengaji dari sosial media. Kemudian dirinya tertarik dan mendaftar yang terdiri dua kelas iqro dan tahsin. Ia mengaku semenjak menjadi pengemudi Ojol sejak 3 tahun lalu waktunya lebih banyak di jalan. Kegiatan mengaji jarang dilakukan.

"Dengan mengikuti program mengaji ini merasakan bacaan ayat-ayat suci tambah lancar. Bahkan saat tengah mengemudikan motor karena mempunyai tanggung jawab menghafalkan dengan spontan kadang di pakai untuk mengaji menghafalkan alquran," bebernya.

Siswanto mengaku setelah mengikuti ojol mengaji ternyata baca Alquran sangat penting. Motifasi mengikuti mengaji nanti di hari kiamat. "Siapa lagi selain pertolongan nabi dan memberikan syafaat," ucapnya.

Sementara itu penggagas Ojol mengaji yang juga Ketua Yayasan Dompet Tahfidz Indonesia, Adji Atmodiwiryo menceritakan ide program bang ojol mengaji terbersit disaat di depan kantornya sebagai pangkalan ojol. Melihat banyak driver ojol yang mangkal dan banyak waktu senggang disela menunggu orderan penumpang digunakan untuk mengaji.

"Sehingga bang ojol mengaji di luncurkan tanggal 9 Maret 2021 mendapatkan animo driver ojol. Saat di buka yang mendaftar sudah mencapai 29 orang padahal pendaftaran lewat medsos dan getok tular," akunnya.

Kegiatan mengaji ini untuk memotivasi para ojol bisa membaca Al-Qur'an dengan benar. Adapun sistim pendaftaran dua kelas Tahsin dan Kelas Iqro setelah mendaftar harus di tes terlebih dahulu.

Karena animo cukup banyak mencapai 52 driver di buka di dua tempat di Banyuanyar dan Penumping Laweyan. Adapun kegiatan Bang ojol mengaji tanpa di pungut biaya juga di lakukan tidak hanya di bulan Ramadhan.  tetapi hingga hari hari kedepan hari Senin dan Kamis. Siti/MI

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00